Menginjak Usia ke Empat Wadah Himpun Kasih

Menginjak Usia ke Empat Wadah Himpun Kasih

  Senin, 30 Oktober 2017 10:00
HUT AIXIN: Pengurus Wadah Himpun Kasih (Ai Xin) memotong kue ulang tahun bersama. HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Anggota Bersyukur Nikmat Hidup dan Berbagi Sesama

Sabtu malam, Wadah Himpun Kasih (Ai Xin) merayakan hari jadinya ke 4. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini perayaan dilakukan sederhana. Mensyukuri nikmat hidup dan mengutamakan berbagi jadi renungan tahun ini. Dari tindakan itu pula menjadikan Ai Xin terus mengakar di masyarakat.

Mirza Ahmad Muin, Pontianak

Sejak berdiri 4 tahun silam, Ai Xin sudah fokus pada kegiatan-kegiatan sosial. Utamanya membantu saudara tak mampu yang membutuhkan uluran dana berobat dan meringankan beban hidup saudara yang ekonominya kurang beruntung.

Agenda tetap tahunan seperti santunan masyarakat kurang mampu saat perayaan Imlek, Idul Fitri dan Natal yang dilakukan membuat komunitas ini kian dikenal dan mengakar ke masyarakat.  

Apa yang dibuat Ai Xin selama ini ternyata secara tak langsung juga mampu mengetuk hati masyarakat. Yang awalnya hanya mengenal akhirnya satu demi satu masuk dalam anggota yang bergerak di bidang sosial ini. Anggotanya datang dari semua golongan. Pengusaha, tokoh masyarakat, rumah tangga sampai pelajar pun ada. Dari yang hanya hitungan jari pada awal pembentukan, kini sudah mencapai 310 anggota.

Sekretaris Wadah Himpun Kasih (Ai Xin), Frendys menuturkan, usia Ai Xin sekarang menginjak tahun ke 4. Banyak sudah dilakukan Ai Xin. Utamanya kegiatan sosial membantu saudara-saudara yang kurang mampu.

Kata dia, tahun ini, perayaan tak dilakukan semeriah tahun lalu. Tak ada artis yang dipanggil. Pihaknya sengaja ingin memaksimalkan para anggotanya. "Jadi penyanyi dan pemain musiknya orang Ai Xin juga" terangnya.

Selain itu, tahun ini pihaknya ingin lebih merenungi arti dari komunitas Ai Xin. Yaitu gerakan sosial membantu masyarakat. Jadi acaranya dibuat sederhana. Uang kegiatan inipun dikumpul dari swadaya anggota. Murni tidak menggunakan uang iuran perbulan Ai Xin.

Semakin lama kata dia, Ai Xin semakin solid. Secara tak langsung para anggotanya sudah seperti saudara. Dirinya pun tak sangka, Ai Xin bisa sebesar sekarang. Semakin ramainya jumlah anggota Ai Xin, pengelolaan anggaran pun tak ditutupi. Semuanya kata Frandys transparan. Tiap keluar masuknya dana sosial dilaporkan tiap bulan. "Kami terus belajar terutama dengan organisasi besar yang lebih dulu berkiprah sebelum Ai Xin," katanya.

Di Ai Xin, ada satu kata yang terpatri di anggotanya. Yaitu "bersama kita bisa". Dengan bersama yang dilakukan selama ini banyak sudah yang diperbuat Ai Xin. Kinerja tim sosial selama ini juga berjalan sesuai harapan. Bantuan yang diberi benar-benar tepat sasaran. Agar tetap solid, tiap bulan pihaknya juga melakukan pertemuan membahas progres Ai Xin dan rencana kegiatan.

Di umur Ai Xin ke 4, dia berharap jalinan tali kasih para anggota semakin erat. Dengan demikian kegiatan sosial dapat dilaksanakan sehingga masyarakat kurang mampu terbantu dengan kehadiran Ai Xin.(***) 

Berita Terkait