Menghindari Sepeda Motor, Bus Tabrak Pohon

Menghindari Sepeda Motor, Bus Tabrak Pohon

  Rabu, 24 Agustus 2016 09:30
KECELAKAAN: Badan bus rusak parah akibat menabrak pohon setelah menghindari dua sepeda motor yang bersenggolan di jalan raya Senggiring, kemarin.

Berita Terkait

Tiga Korban Luka Berat

MEMPAWAH- Sebuah bus asal Cap Kala, Kabupaten Bengkayang terlibat kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Senggiring, Selasa (23/8) sekitar pukul 15.00 WIB. Bus nahas itu terperosok setelah menghindari dua sepeda motor yang bersenggolan. Akibat kecelakaan itu, kernet dan pengendara motor mengalami luka parah.

Kasat Lantas Polres Mempawah, AKP Tri Budianto melalui Kanit Laka, Ipda Robert Suryanto menceritakan, kecelakaan lalu lintas itu bermula ketika dua buah sepeda motor yang ditunggangi pelajar berkendara dari Mempawah menuju Sungai Pinyuh. Kedua kendaraan itu memacu kendaraan secara bergandengan ditengah badan jalan.

Kecelakaan pun bermula ketika kendaraan ini saling bersenggolan. Keduanya lantas terjatuh di kanan dan kiri jalan raya. Nahas, pada saat bersamaan sebuah bus asal Cap Kala dengan nomor polisi KB 7475 C datang dari arah belakang kedua kendaraan. Bus yang melihat kedua kendaraan tergeletak di jalan raya, mencoba menghindari tabrakan.

Supir bus pun memutuskan membanting setir ke arah kanan jalan raya. Keputusan yang tepat, sebab bus berhasil menghindari tabrakan dengan sepeda motor tersebut. Namun, badan bus tak terkendali dan nyungsep ke pinggir jalan raya. Bahkan, bus sempat menabrak sejumlah pohon sebelum akhirnya berhasil dihentikan oleh supir.

Akibat kecelakaan itu sejumlah penumpang bus mengalami luka. Bahkan, kernet bus, Deden Sutomo, 25 warga Jalan Pramuka Rt 003 Rw 001 Condong, Singkawang Tengah mengalami luka berat. Telapak kaki kiri korban remuk dan robek.

Luka juga dialami korban penumpang bus, Miftahul Jannah, 19 warga Desa Penibung Rt 09 Rw 014 Kecamatan Mempawah Hilir. Korban mengalami luka pada bagian punggung dan kaki kanan robek. Korban luka lainnya, Benyamin Hardinas Lande, 16 pelajar dan Petrus Patolan, 67. Keduanya warga Cap Kala Rt 011 Rw 003, Desa Cap Kala, Kecamatan Cap Kala, Kabupaten Bengkayang. Kedua korban dikabarkan mengalami luka ringan.

Tidak hanya penumpang bus. Pengendara sepeda motor Yamaha Vega, Joyaniko, 15 warga Sungai Pinyuh mengalami patah kaki kiri dan kanan serta luka robek. Para korban pun dilarikan ke RSUD Dr Rubini Mempawah untuk mendapatkan pertolongan medis.

“Secara keseluruhan ada tiga korban yang mengalami luka berat dan satu korban luka ringan. Para korban sudah dievakuasi dari TKP ke RS Rubini Mempawah. Sekarang sedang dalam penanganan medis,” terang Ipda Robert Suryanto kepada wartawan.

Robert pun menghimbau para pengendara sepeda motor agar mematuhi aturan dan ketentuan berkendara. Salah satunya dengan tidak bergandengan ketika berkendara di jalan raya. Sebab, Tindakan tersebut sangat membahayakan pengguna jalan lainnya.

“Khusus kepada pelajar, kita sudah sering memberikan sosialisasi di setiap sekolah berkenaan aturan dan ketentuan berlalu lintas. Dengan kejadian ini, kita minta agar pelajar lebih meningkatkan pemahaman berkendara,,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait