Mengecilkan Perut Buncit

Mengecilkan Perut Buncit

  Jumat, 26 Agustus 2016 09:32

Berita Terkait

Memiliki perut buncit dapat mengurangi rasa percaya diri. Penampilan pun sedikit terganggu. Persoalan ini pun bisa dialami siapa saja. Tak hanya yang mengalami obesitas, mereka yang kurus pun bisa mengalami perut buncit. 

Oleh: Marsita Riandini

Tak hanya mempengaruhi penampilan, kelebihan lemak di sekitar perut juga dapat mengurangi produktivitas kerja seseorang. Tak heran, banyak yang berupaya mengecilkan perutnya yang buncit. Lantas apa penyebabnya seseorang mengalami perut buncit?

Gym Coodinator di Planet Fit di Komplek A Yani Mega Mall Pontianak, Hendry Avenus mengatakan penyebab perut buncit bisa bermacam-macam. Diantaranya faktor makanan dan kurangnya latihan kardio. 

“Faktornya adalah makan yang berlebihan sehingga terjadinya penumpukan lemak pada perut. Bisa pula karena kurangnya latihan kardio yang berfungsi membakar kalori pada tubuh. Termasuk pula kurangnya latihan otot perut,” jelasnya. 

Menghindari makanan yang terlalu manis dan mengurangi makan nasi yang berlebihan dapat membantu mengatasi perut buncit. Banyak orang terutama wanita yang memilih diet untuk menghilangkan  lemak yang menumpuk di perut. Tetapi pastikan Anda melakukan pola diet yang benar. Jika pola diet salah, bisa menyebabkan kekurangan nutrisi penting sehingga dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Hindari pula konsumsi kalori terlalu berlebihan. 

Cara mengecilkan perut buncit bisa pula dilakukan dengan berolahraga. Salah satunya dengan olahraga kardio. Latihan kardio ampuh membakar lemak dengan cepat dan mengecilkan bagian-bagian tubuh seperti perut yang gampang mengalami kegemukan. 

“Latihan kardio secara rutin, dapat membantu mengatasi perut buncit,” jelasnya. 

Latihan kardio memang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan serta mengurangi konsentrasi lemak di perut. Ada beberapa latihan kardio yang sederhana dan efektif untuk mengecilkan perut. Anda pun bisa melakukannya di rumah. 

“Ada banyak latihan kardio yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit, terutama yang tujuannya untuk membakar lemak,” kata dia. 

Salah satu latihan kardio sederhana lain yang efektif membakar lemak serta mengecilkan perut adalah dengan bersepeda. Dengan bersepeda Anda akan dapat membakar cukup banyak kalori. Tak hanya mengecilkan perut, bersepeda juga sangat baik untuk perkembangan otot, terlebih otot kaki.

Berjalan kaki juga dapat membantu mengontrol berat badan dalam jangka panjang jika rutin dilakukan. Berlari juga menjadi salah satu latihan kardio yang difavoritkan banyak orang. Tak hanya baik untuk membakar lemak dalam tubuh, lari juga akan melatih otot perut dengan baik. **

--------------------------

Kombinasi Treadmill dan Latihan Otot Perut

Ada berbagai jenis latihan kardio yang bisa Anda lakukan. Satu diantaranya dengan bantuan treadmill. Hendry mengatakan bagi pemula harus dilakukan dengan tahapan-tahapan menyesuaikan kemampuan dan usia. Olahraga ini bisa dicoba 20 menit hingga 30 menit persesinya. Semakin lama menggunakan treadmill semakin banyak kalori yang dibakar. 

Dapat pula mengombinasikan treadmill dengan latihan otot perut. Latihan otot perut bertujuan untuk perkembangan otot semakin optimal. Latihan otot perut dapat dilakukan beberapa cara seperti sit up, side up, dan dolphin style.

Dia mencontohkan jika sudah melakukan treadmill selama 30 menit, maka lakukanlah sit up sebanyak lima set. Satu set sit up berjumlah 20 kali. Itu artinya dalam satu sesi gaya latihan, Anda dapat melakukan 100 kali sit up. Tentu saja ini menyesuaikan dengan kemampuan dan usia Anda. 

Gerakan sit up pada dasarnya akan menguatkan otot pada bagian perut. Olahraga ini sederhana yang tidak membutuhkan bantuan alat apapun untuk melakukannya. Sebelum memulai olahraga apapun perlu peregangan dan pemanasan untuk mengurangi resiko cedera. Regangkan sendi-sendi serta lakukan beberapa gerakan pemanasan untuk meningkatkan suhu tubuh. Siapkan alas yang nyaman untuk mencegah cedera.

Setelah melakukan treadmill dan sit up, Anda bisa melakukan peregangan untuk otot perut. Caranya boleh dengan olahraga yoga yaitu dengan cobra pose dan dilanjutkan dengan child pose. “Kemudian bisa melanjutkan lagi dengan gerakan side up yakni latihan otot perut samping sebanyak lima set. Lanjutkan lagi dengan olahraga yoga yaitu dengan cobra pose dan dilanjutkan dengan child pose untuk peregangan, baru kemudian melakukan kombinasi tangan, yakni dengan dolphin style,” ujarnya. (mrd)

Berita Terkait