Mendieta Sarankan Neville Les Bahasa

Mendieta Sarankan Neville Les Bahasa

  Senin, 7 December 2015 09:01
Gambar dari Internet

Berita Terkait

VALENCIA - Bahasa menjadi kunci komunikasi antara pelatih dengan pemain. Legenda Valencia Gaizka Mendeita berharap entrenador anyar Valencia Gary Neville secepatnya belajar bahasa Spanyol.
    Mendeita pernah merasakan sendiri kalau penguasaan bahasa menjadi faktor penting. Dalam 16 tahun karirnya, pria berusia 41 tahun itu mengalami sentuhan dari 11 entrenador yang berbeda.

    “Saya melihat sendiri bagaimana benteng bahasa seringkali menjadi halangan para pelatih besar. Dan fansValencia pun ingin mendengat entrenador klubnya mengerti bahasa mereka,”ucap Mendeita seperti diberitalan Daily Mail kemarin (6/12).
    Tanpa menyebut nama entrenador yang pernah menanganinya, eks penggawa timnas Spanyol tersebut melihat banyak pelatih besar frustrasi gara-gara bahasa. Dan jangan sampai Gary mengalami hal itu.    Mendeita juga mengingatkan, sukses sebagai pemain tak langsung membuat karir kepelatihannya moncer. Sebab melatih dan bermain adalah dua hal yang berbeda. Satu diatur dan satunya mengatur.
     “Ini tentang bagaimana menjelaskan dan memotivasi pemain. Juga bagaimana membangun kebersamaan di ruang ganti dan menghasilkan satu suara saat di lapangan,” tambah mantan pemain Lazio dan Middlesborough itu.
    Terdepaknya entrenador Valencia sebelum Gary, Nuno Espirito Santo juga disebabkan kegagalan komunikasi dengan fans. Selain itu, hasil di La Liga ikut memperkeruh suasana internal El Che, julukan Valencia. Dipegang Santo, Valencia dalam 13 jornada tercecer di posisi sembilan. Valencia mengumpulkan 19 poin hasil dari lima menang, empat imbang, dan empat kalah.    
“Sepak bola modern memang mengedepankan kalah-menang sebagai penilaian utama. Namun hubungan dengan fans pun memiliki posisi penting. Gary harus menyadari itu,” ujar Mendeita.
    Gary memang sudah ancang-ancang untuk total terjun di La Liga. Mantan bek Manchester United itu akan memboyong keluarganya ke Valencia. Termasuk memindahkan sekolah anaknya, Molly dan Sophie, ke Valencia.(dra)
 

Berita Terkait