Mendekatkan Orang Tua dengan Pendidik

Mendekatkan Orang Tua dengan Pendidik

  Kamis, 21 April 2016 10:17
POTONG PITA: Pemotongan pita menandakan dibukanya kegiatan bazar dan berbagai lomba di TK Negeri Pembina Sambas dalam rangka peringati Hari Kartini. OZY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Ada yang berbeda di TK negeri Pembina Sambas Selasa dan Rabu (19-20/4). Bukan saja para peserta didik yang berada di TK tersebut. Melainkan para orang tua juga datang. Mereka diundang untuk mengikuti kegiatan dan perlombaan yang digelar Parenting TK negeri Pembina Sambas dalam rangka memperingati Hari Kartini.

FAHROZI- Sambas

HARI Kartini, parenting TK negeri Pembina Sambas mengadakan lomba kreativitas. Bukan saja untuk anak didik, melainkan para orang tuanya juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan.

Ya, kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut. Anak dan Orang Tua mengikuti kegiatan lomba. Kemudian adu kreativitas membuat kerajinan tangan yang kemudian dijual dalam bazar yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Kartini di TK tersebut.

Ketua Parenting TK Negeri Pembina Sambas, Lidya Isnarni AMd Keb mengatakan tahun ini banyak kegiatan yang dilaksanakan. Diantaranya melibatkan orang tua anak didik. “berbagai kegiatan lomba telah kita laksanakan yang melibatkan anak-anak dan orang tua siswa,” katanya. 

Kenapa melibatkan orang tua?. Dikatakan Lidya Isnarni, pihaknya selain ingin menggali potensi anak-anak didik. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan peran aktif orang tua untuk berkontribusi bersama guru dalam keberhasilan mendidik anak-anak. 

Kegiatan diawali dengan seremoni pembukaan, pemotongan pita bazar TK Negeri Pembina Sambas. Dilanjutkan dengan aneka perlombaan. Untuk kategori anak-anak antara lain lomba Azan dan iqomah, baca surah-surah pendek Alquran, baca doa sehari-hari, melukis dan mewarnai, lomba bermain sambil belajar (LCT), Bujang dare cilik, nyanyi solo, dan fashion show.

Bagi orang tua anak didik. Kegiatan yang dilombakan berupa kreativitas kelas, lomba menu bekal anak, dan lomba kebaya kartini. Pada kegiatan ini juga, diisi dengan penyuluhan keluarga, mengambil tema pola asuh dalam keluarga, yang disampaikan Nengsih SE dari BPPMKB kabupaten Sambas.

Ketua TK Negeri Pembina Sambas, Musfayati SPd menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu cara mensinergikan kegiatan belajar mengajar. Kemudian memadukan pembinaan orang tua murid di rumah dan proses belajar sambil bermain anak-anak di sekolah.

Kegiatan ini memang sangat baik dan telah sering dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk menggali sisi kreativitas dan potensi masing-masing anak dan orang tuanya. “Yang pada akhirnya kita harapkan adalah semakin menjalin kedekatan hubungan orang tua murid dengan kami tenaga pendidik di sekolah ini, jadi orang tua murid dan kami bersinergi saling mengisi,” kata ibu yang selalu murah senyum

ini.

Pada saat pembukaan kegiatan, dihadiri perwakilan dari Dinas Pendidikan, ketua Komite TK Negeri Pembina, kepala TK se-Kecamatan Sambas, dan kelompok Parenting TK Negeri Pembina Sambas. 

Suparsito SPd, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas menyatakan dukungannya atas kegiatan yang diselenggarakan oleh para orang tua siswa yang difasilitasi oleh TK Negeri Pembina Sambas. 

“Mudah-mudahan ke depannya nanti, TK-TK lainnya juga bisa melakukan kegiatan serupa ini, membentuk kelompok parenting dan membangun sinergi dengan lingkungan belajar anak-anak di TK, ini merupakan kegiatan yang positif dan sangat baik dilaksanakan secara berkelanjutan,” katanya. (*/pk)

Berita Terkait