Mencicipi Nikmatnya Menu Cumi

Mencicipi Nikmatnya Menu Cumi

  Kamis, 18 February 2016 08:24

Berita Terkait

Tekstur daging cumi yang lembut dan kenyal bisa diolah menjadi aneka olahan yang sedap dinikmati. Beragam pilihan menu bisa dicoba untuk dimasak sendiri. Bila tak mau repot, berbagai tempat makan pun banyak menyajikan olahan menu sebagai hidangan spesialnya. Oleh : Marsita Riandini

Cumi merupakan hewan laut yang digemari banyak orang. Teksturnya yang kenyal dan empuk membuat olahan cumi ini menggugah selera. Mulai dari di sate, dimasak dengan campuran saos, hingga cabe hijau yang menggoda. Sajian ini pula yang For Her nikmati saat bertandang ke Atallah Catering and Atallah One Stop Hospitality Solution, di Jalan Parit Haji Husein II, Kompleks Alex Griya Permai 3 Pontianak. Cumi yang menjadi bahan utamanya dipotong kecil-kecil. Lalu diolah dengan aneka bumbu yang disesuaikan dengan menu yang akan dibuat.

Cumi yang digunakan adalah cumi yang berukuran lebih besar. Menurut Chef Yudha Indra Pramanto, dirinya sengaja menggunakan cumi berukuran lebih besar karena dagingnya yang lebih tebal dan pas untuk diolah dengan bumbu saos padang, cabe hijau, juga sate. Pada dasarnya, lanjut dia, hampir sama pengolahan menu cumi ini  dengan olahan pada umumnya. Hanya saja ada modifikasi bumbu yang digunakan. Berbeda dari olahan biasanya, menu-menu ala chef Yudha tidak menggunakan MSG ataupun bumbu sedap saji yang banyak dijual secara instan.

Begitupun bila biasanya sate yang dinikmati berasal dari pengolahan yang dibakar, kali ini satenya tidaklah dibakar,  melainkan dipanggang. Proses pemanggangannya pun tidak terlalu lama. Kata Chef Yudha, daging cumi akan terlalu alot jika terlalu lama dibakar, ataupun terlalu sebentar dibakar, daging akan mentah. “Proses pemanggangannya harus pas,” timpalnya.

Pemanggangan bisa menggunakan teflon yang pinggirannya rata, sebab akan memudahkan proses pemanggangan. Hasilnya pun akan lebih merata. Proses membuatnya juga mudah. “Cumi yang sudah dipotong dibalur bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah, juga kemiri. Biarkan sebentar kemudian ditambahkan merica, garam secukupnya,” ulasnya.

Saat pemanggangan, tambahkan sedikit minyak. Mentega juga kecap yang sudah dijadikan satu, lalu diusapkan pada sate. “Pemanggangnnya harus dibolak balik agar merata selama 20 menit saja. Kalau pemanggangannya menggunakan teflon masih bisa untuk jumlah 50 tusuk sate,” beritahu Yudha. Rasa yang dihasilkan mengundang selera. Apalagi Chef Yudha menambahkan irisan cabe rawit dan kecap yang membuatnya terasa pedas, manis dengan tekstur daging yang empuk. Menu ini bisa menjadi pilihan, terutama bagi Anda yang tidak boleh ataupun tidak doyan dengan sate yang terbuat dari daging sapi ataupun daging kambing.

 

---------------------------------

 

 

Cumi Saos Padang

Warna kuning dari bumbu masakan ini begitu cerah dan cocok dinikmati untuk makan siang maupun malam. Bumbu saus padang ini kata Chef Yudha mengacu pada resep asli Indonesia. “Cumi saos padang ini sengaja mengacu resep aslinya, karena memang mempertahankan citarasa menu khas Indonesia,” tutur dia. Bumbu yang digunakan adalah bumbu halus seperti kemiri, bawang putih dan bawang merah. Dilengkapi pula cabe merah dan kunyit, kemudian tambahkan sedikit santan agar menambah kegurihannya.

 

-------------------------------

 

Cumi Cabe Ijo

Sesuai namanya, tentu saja bahan utamanya cumi dan cabe hijau segar. Cabe hijau menjadi bumbu iris yang dicampur sedikit cabe merah untuk menambah variasi warna agar  tampilan menjadi lebih cantik. Bagi penikmat makanan dengan citarasa yang tidak terlalu pedas, menu ini cocok untuk dinikmati. Bagi yang suka berkuah, Chef Yudha juga sedikit menambahkan kuah pada menu yang satu ini.  **
 

 

Berita Terkait