Mencari Pemeran Ketujuh 007

Mencari Pemeran Ketujuh 007

  Senin, 4 April 2016 09:11

Berita Terkait

Daniel Craig Tak Lagi Perankan Bond

LONDON – Sejak diperkenalkan pada 1962, James Bond telah menjadi ikon mata-mata tenar. Menjelang film ke-25, Eon Productions, perusahaan film yang memproduksi serial James Bond, mendapat PR (pekerjaan rumah) besar: menemukan pengganti Daniel Craig.

”Lebih baik saya memotong nadi pergelangan tangan ketimbang memerankan Bond lagi,” ungkap Craig dalam sebuah wawancara pengujung tahun lalu. Dalam wawancara lain, aktor kelahiran 2 Maret 1968 itu menolak menjawab pertanyaan seputar film Bond. Ketidakpastian tersebut jelas pukulan berat buat tim produksi.

Sahabat Craig, Mark Strong, mengungkapkan bahwa alumnus Guildhall School of Music and Drama itu bakal berhenti di film keempat. ”Film James Bond kelima Craig tidak bakal ada. Sebab, dia segera mengakhiri aktingnya sebagai Bond,” papar Strong dalam show Shortlist. 

Di sisi lain, Craig akan menjalani debutnya di serial TV Amerika Serikat lewat Purity. Film yang diadaptasi dari novel Jonathan Franzen itu diperkirakan tayang September mendatang. Menurut sumber Variety, kesibukan tersebut menjadi pertimbangan Craig untuk pensiun dari peran mata-mata yang dilakoninya selama sembilan tahun.

Walau cukup mengecewakan, sutradara dua film terakhir Bond, Sam Mendes,  menyatakan bahwa keputusan mundur Craig cukup beralasan. Dia bahkan mengungkapkan, scene terakhir dalam Spectre bak perpisahan. ”Dia butuh istirahat, mengambil peran lain, dan lihat kelanjutannya. Ada kemungkinan dia kembali,” ucapnya sebagaimana dikutip Empire.

Jika dibandingkan dengan lima pemeran Bond sebelumnya, Craig merupakan gebrakan. Padahal, pada 2005, kritik dan komentar negatif bermunculan saat Craig diumumkan sebagai pengganti Pierce Brosnan. Alasannya, penampilan fisik Craig jauh dari tipikal Bond sebelumnya. 

Rambut pirang, mata berwarna terang, serta perawakan standar suami Rachel Weisz itu dirasa tidak pas. Namun, komentar tersebut berubah setelah debutnya di Casino Royale pada 2006. ”Dia menampilkan dimensi baru Bond yang lebih segar,” papar produser Rebecca Broccoli sebagaimana dikutip The Telegraph.

Bukan cuma Broccoli, sutradara Steven Spielberg pun angkat topi untuk akting genius Craig. Menurut dia, aktor yang mengawali karir di teater musikal tersebut adalah sosok mata-mata abad 21 yang ideal. Selain sukses secara akting, Bond versi Craig berhasil secara finansial. Empat filmnya sukses berada di posisi empat besar film James Bond dengan pendapatan tertinggi.

Gebrakan Craig bak dua sisi mata uang. Selain ”menyegarkan” sosok Bond, dia memberikan tantangan buat tim produser dan siapa saja yang menggantikannya. ”Dia sukses keluar dari bayang-bayang (Sean) Connery. Pengganti Craig tentu harus punya level yang lebih tinggi atau paling tidak setara,” tegas kritikus BBC Paul Arendt. (fam/c11/jan)

Berita Terkait