Menatap Malam yang Ajaib

Menatap Malam yang Ajaib

  Selasa, 12 April 2016 10:05

Berita Terkait

MADRID – Real Madrid bukanlah Barcelona. Real pun tidak bisa dibandingkan dengan Manchester United. Akan tetapi, Los Blancos – julukan Real – harus bisa menjadi seperti Barca atau United yang berhasil melepaskan diri dari ketinggalan dua bola di kandang lawan. Sebab dari catatan Opta, dari 15 kali klub yang mengalami ketinggalan dua bola di kandang lawan pada leg pertama, hanya Barca dan United yang bisa lepas          

Bisakah Real memberi Selasa malam (waktu setempat atau Rabu dini hari WIB) yang ajaib itu bagi Madridista? ’’Selasa akan terasa sempurna, malam itu akan jadi malam yang sempurna. Kami akan berupaya maksimal dan membawa klub ini lolos ke fase berikutnya. Hala Madrid,’’ koar winger kiri Real, Cristiano Ronaldo, dalam wawancaranya kepada AS.

Rekor Real ketika bermain di Santiago Bernabeu bisa menjadi kunci utama. Selama Liga Champions musim ini, Real mampu mencatatkan rekor 100 persen di kandang sendiri. Selain itu, hanya Sergio Ramos dkk yang berhasil cleansheet dari empat laga home sejak fase grup.

Lalu, bagaimana caranya agar rekor home itu bisa berakhir dengan senyum Madridista? Dari pengalaman pertemuan pertama lalu, Ronaldo dan dua rekannya dalam trio BBC – Karim Benzema dan Gareth Bale – harus bisa memperbaiki dari sisi performanya.

Dalam laga itu, defense Die Woelfe – julukan Wolfsburg – dari sisi kirinya yang Ricardo Rodriguez dan Vieirinha di sisi kanan mampu mematikan aliran bola dari lini tengah Real. Luka Modric, Toni Kroos, dan Casemiro seolah kehilangan akal menyuplai bola untuk trio BBC.Ronaldo yang pada leg pertama hanya melakukan satu tembakan tepat sasaran dari enam kali tembakan berjanji bermain lebih sabar.

’’Semua aspek akan sangat penting. Kami perlu terus berlari, bertarung, dan memainkan game yang intense selama 90 menit. Selain itu, kami juga harus main lebih sabar lagi ketika kami mendapatkan pressure. Hanya ini solusi untuk dapat membalas kehadiran fans dengan senyuman setelah laga,’’ tutur pengoleksi 13 gol di Liga Champions musim ini tersebut.

Dari starting eleven leg pertama, hanya Ronaldo, Pepe dan Casemiro yang tetap dipertahankan Zidane. ’’Untuk kali ini (melawan Wolfsburg) peningkatan di sisi level permainan harus kami lakukan. Kami tahu kami ketinggalan dua gol, dan ini akan jadi laga yang complicated,’’ sebut Zidane, dikutip dari Four Four Two.

Meski bukan ukuran untuk melawan Diego Benaglio dkk, statistik melawan Eibar kemarin menujukkan Real lebih efisien dalam menyerang. Untuk mendulang empat gol, Real hanya membutuhkan 13 tembakan yang enam di antaranya tepat di sasaran.

Catatan apik tersebut makin lengkap dengan 61 persen penguasaan bolanya. Zidane menyebut, secara persiapan khusus mulai dari komposisi dan strategi yang terbaik untuk menghadang laju Wolfsburg memang sudah ditentukannya. Namun, itu disebutnya bukan satu-satunya senjata. ’’Hanya satu yang kami butuhkan, tetap fokus,’’ harapnya.

Tidak seperti laju Real yang menjanjikan, Wolfsburg seperti cinderela yang sudah lewat jam 12 malam. Kembali menjadi klub yang susah menang selama satu bulan. Ya, Wolfsburg akhir pekan kemarin gagal menuai kemenangan dan bermain imbang dengan Mainz 05 1-1 di kandang sendiri (9/4).

Striker Wolfsburg, Andre Schuerrle secara terpisah mengakui bahwa euforia menyingkirkan Real dari perempat final Liga Champions menggelayuti pikiran di skuad Wolfsburg. ’’Makanya, kami pun akhirnya bermain buruk lawan Mainz,’’ ungkapnya.

Selain kalah agresif, 16 shots berbanding 17 shots, akurasi tendangannya pun payah. Hanya 18,75 persen akurasi tembakan Wolfsburg. Akan tetapi, striker yang pernah merasakan Premier League bersama Chelsea itu menyebut dia dan rekan-rekan setimnya berusaha menjawab kegalauan publik Wolfsburg dengan prestasi tim pujannya itu.

Maklum, di Bundesliga yang sudah menyisakan lima laga ke depan belum ada jaminan Wolfsburg kembali ke Liga Champions. Bertengger di posisi yang kedelapan dengan 39 poin. Wolfsburg masih terpaut enam poin dengan gap enam pon atas Schalke dan Mainz yang berada di posisi ke-6 dan 7.

Artinya, kekalahan atas Real harus dihindari demi membuka celahnya untuk membidik mission impossible menjuarai Liga Champions musim ini. Ingat, tahun ini klub berwarna khas hijau putih itu belum terkalahkan sejak 4 Nopember silam. Termasuk kemenangan atas Real, Wolfsburg mencatatkan lima kali kemenangan beruntun. ’’100 juta persen akan kami pertaruhkan di Madrid. Akan ada pesta kembang api di dressing room kami setelah laga nanti,’’ koarnya. (ren)

Berita Terkait