Menanti Duet Neville-Bersaudara di Mestalla , Gary Neville Resmi Jadi Arsitek Valencia

Menanti Duet Neville-Bersaudara di Mestalla , Gary Neville Resmi Jadi Arsitek Valencia

  Kamis, 3 December 2015 10:59
Gary Neville

Berita Terkait

VALENCIA--Tiga hari. Hanya itulah waktu yang diperlukan bagi Valencia untuk segera mematenkan status entrenador baru pasca mundurnya Nuno Espirito Santo imbas dari kekalahan 0-1 atas Sevilla di La Liga pekan lalu.

Hanya, dahi pun pantas mengernyit atas keputusan yang dilakukan oleh owner Los Che, julukan Valencia, Peter Lim. Bukan Michael Laudrup atau Frank Rijkaard yang bakal mendarat di Mestalla, melainkan Gary Neville.Ya, tadi malam 92/12), Valencia mengumumkan bahwa Neville bakal menjadi nahkoda baru Valencia hingga akhir musim ke depan. Neville secara resmi bakal mengambil alih Alvaro Negredo dkk pada 6 Desember depan sebagai persiapan menghadapi Olympique Lyon di laga pamungkas Liga Champions 9 Desember mendatang.

Tanda tanya besar maupun pesimisme jelas bakal bermunculan atas penunjukkan pria berusia 40 tahun itu untuk menangani Valencis. Sebab, Neville sama sekali tak punya pengalaman menjadi pelatih kepala sebelumnya.  Jabatan tertinggi yang pernah dipegang oleh eks bek kanan Manchester United itu adalah sebagai asisten Roy Hodgson di timnas Inggris selama tiga tahun terakhir. Namun, Presiden Chan Layhoon menjelaskan alasan yang menjadi dasar perekrutan Neville.

“Dia mengombinasikan pengalaman kepelatihan level teratas dengan tugasnya sebagai pelatih senior di timnas Inggris serta pemain berkelas dunia selama berkarir di Inggris dan Manchester United,” jelas Layhoon dalam situs resmi klub.Tentu, bukan itu saja alasan yang dipakai oleh Layhoon ketika memutuskan mengontrak Neville. Keberadaan sang adik, Phil Neville, yang lebih dahulu berada di Mestalla menjadi asisten Nuno sejak Juli lalu menjadi faktor pendukung yang lain. Ini bakal menjadi duet Neville Bersaudara yang pertama dalam dunia kepelatihan profesional.

Apapun dasar yang dipakai ketika mengumumkan Neville menjadi entrenador baru klub berlambang Kelelawar itu, fans pun telanjut menaruh ekspektasi besar terhadap Neville bersaudara. Sebab, fans begitu kecewa atas hasil yang diraih oleh Valencia pada musim ini.Di level kompetisi domestik, pada dua pertandingan terakhir Valencia hanya meraup satu poin yang membuat mereka tergelincir di posisi kesembilan klasemen sementara. Fans begitu marah karena melawan Las Palmas Valencia hanya bisa bermain imbang 1-1.

Di Liga Champions, kekalahan dari Zenit St. Petersburg membuat kans mereka dalam menapak ke fase knockout makin tipis karena Valencia harus mengandalkan kemenangan dari Lyon sementara Gent yang menjamu Zenit kalah.Itu juga ditambah dengan serangan kritik yang datang bertubi-tubi karena pembelian yang dianggap terlalu boros atas Negredo, Rodrigo, dan Aymen Abdennour dengan harga hingga EUR 82 Juta (sekitar Rp 1,19 Triliun). Karena itu, menarik untuk melihat bagaimana nantinya Neville bersaudara berhasil membawa Valencia finis di peringkat empat musim lalu yang sekaligus membuat mereka berlaga di Liga Champions musim ini.

Jika mengulik bagaimana nantinya pendekatan strategi yang akan dilakukan oleh Gary Neville akan cukup sulit karena eks pemain yang mempersembahkan 20 trofi selama 19 musim bersama Setan Merah, julukan United, itu belum pernah menjabat sebagai pelatih kepala. Namun, sebagai mantan anak didik Sir Alex Ferguson, ditambah pengalamannya mendampingi Hodgson, sisi sayap bakal menjadi lini bakal yang sering dieksplorasi oleh Neville mengingat saat menangani Inggris, Neville dan Hodgson banyak mengandalkan eksplosivitas Raheem Sterling serta Adam Lallana.
Skuad berjuluk The Three Lions itu dibawa melewati fase kualiifikasi dengan catatan sempurna menang di 10 pertandingan. Di skuad Valencia, Neville pastinya tidak akan kesulitan dalam menerapkan sisi flank dengan adanya duet winger Paco Alcacer-Sofiane Feghouli.Neville sendiri mengaku bangga dengan kesempatan yang diperoleh pada saat ini. Dia pun menegaskan bakal keluar dari Sky Sports tempatnya bekerja sebagai pandit dan komentator pertandingan. Namun, dilansir dari Sky Sports, Neville tetap akan merangkap jabatan dengan tetap menjadi asisten Hodgson.
“Aku sangat bangga dansenang bisa menerima kesempatan besar bersama Valencia ini. Ini adalah klub besar dengan prestise yang sangat besar dan aku mengingatnya ketika masih aktif sebagai pemain bagaimana gairah dan loyalitas yang diberikan oleh para fansnya,” ujar Neville seperti dilansir Football Espana.“Aku segera menatap momen ketika aku bisa bekerja dengan para pemain. Aku tahu bahwa mereka adalah tim yang sangat bertalenta. Aku tidak sabar menanti tantangan yang bakal menanti kami,” tandasnya. (apu)

 

Berita Terkait