Menabrak Batu, Kapal Bawa Pupuk Tenggelam

Menabrak Batu, Kapal Bawa Pupuk Tenggelam

  Jumat, 5 Agustus 2016 09:30
KARAM: KM Sinar Usaha Jaya 2 yang tenggelam di perairan Pemangkat. Kapal ini berencana membawa 25.000 sak semen ke Pangkalan Balam. ISTIMEWA

Berita Terkait

PONTIANAK - Kapal Laut KM. Sinar Usaha Jaya 2 dikabarkan bocor dan tenggelam dikoordinat 01.10.00 U -108.54.00 T, di perairan Pemangkat, Pulau Kalangbau, Kabupaten Sambas, Rabu (3/8). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. 

Kecelakaan laut KM. Sinar Usaha Jaya 2 terjadi sekitar pada pukul 15.00. Kapal yang dinahkodai Sulaiman yang membawa 11 anak buah kapal itu, bermuatan pupuk organik granule petroanik sebanyak 25.000 sak. 

Kapal dengan rute Pelabuhan Sintete menuju Pangkal Balam, Tanjung Pinang itu diketahui berangkat pada Sabtu, 31 Juli 2016 dari Pelabuhan Sintete, Pemangkat menuju Pangkal Balam. 

"Sekitar posisi lampu hijau, 10 mil dari muara Pemangkat mengalami kerusakan pada mesin pendingin. Kemudian kapal lego jangkar guna perbaikan, selama 4 hari," kata Kadispen Lantamal XII Kapten Laut (KH) Sitho P. Yudhoajie.

Selama empat hari, nakhoda lalu memutuskan balik arah ke Muara Pemangkat guna perbaikan lebih lanjut. Namun, sebelum sampai, sekitar 500 meter dari pulau Kalangbau terjadi arus laut dan pasang kuat sehingga mengakibatkan kapal mengalami terbawa arus.  

"Buritan kapal lambung kiri menabrak batu yang berada di Pulau Kalangbau mengakibatkan kapal bocor dan tenggelam," jelasnya.

Seluruh ABK lalu memutuskan keluar dari kapal dengan dibantu Tim SAR Lantamal XII bekerjasama dengan Satpolair Polres Sambas dan dibantu nelayan setempat, kemudian di evakuasi ke daratan. 

"Kondisi seluruh ABK dalam keadaan selamat dengan kerugian materi sekitar Rp3 miliar," kata Sitho. (gus)

Berita Terkait