Mempawah Sentra Benih Padi di Kalbar

Mempawah Sentra Benih Padi di Kalbar

  Kamis, 18 Agustus 2016 09:16
TRAKTOR: Wabup Gusti Ramlana menaiki traktor. WAHYU/PONTIANAK POST

Berita Terkait

MEMPAWAH – Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat dinilai berhasil mendukung program upaya khusus (upsus) peningkatan produksi padi, jagung, kedelai, di Kabupaten Mempawah. Bahkan, benih padi yang diproduksi di penangkar Kecamatan Toho dan Anjongan mampu memenuhi konsumsi benih padi se-Kalimantan Barat.

 “Sudah banyak petani dari kabupaten lain yang datang secara swadaya ke para penangkaran benih padi di Kabupaten Mempawah. Ini membuktikan salah satu indikator bahwa agribisnis perbenihan padi di daerah kita berjalan dengan baik,” pendapat Wakil Bupati, Gusti Ramlana saat menghadiri temu lapang panen demfarm upsus padi di Desa Anjongan Melancar, Kecamatan Anjongan, Selasa (16/8).

Suksesnya penangkaran benih padi, menurut Ramlana, seharusnya membuat para penangkar semakin proaktif bekerja sama dengan petugas pengawas benih tanaman untuk melakukan promosi kepada balai benih dan para penangkar di seluruh Kalimantan Barat. Ia mengungkapkan angka produktivitas padi di Kabupaten Mempawah menempati urutan teratas di Kalimantan Barat.

 “Dibandingkan tahun 2014, produksi padi Kabupaten Mempawah meningkat 3,43 persen. Produksi tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan 298.549 jiwa penduduk Kabupaten Mempawah. Bahkan, menurut perhitungan masih surplus 4.060 ton beras,” paparnya.

Ramlana menilai, keberhasilan itu tidak lepas dari peran aktif seluruh petani yang tetap bersemangat bercocok tanam meski menghadapi berbagai rintangan dan persoalan yang mendera.

 “Meski telah cukup berhasil, namun petani tidak boleh cepat berpuas diri. Pencapaian yang telah didapat harus ditingkatkan lagi. Kepada para penangkar, petani, dan pemangku kepentingan untuk menyebarluaskan benih padi hasil penangkaran kepada balai benih dan para penangkar di seluruh Kalimantan Barat,” pintanya.           

Kepala BPTP Kalbar, Djiyanto, mengungkapkan pihaknya telah lama bekerja sama dengan sejumlah pemerintah kabupaten di Kalimantan Barat. Namun, ia menyebut, Kabupaten Mempawah merupakan daerah terlama yang telah bekerja sama dengan BPTP.

 “Karena Kabupaten Mempawah memang gudangnya untuk perbenihan. Jadi Mempawah ini sangat strategis dalam supporting perbenihan di seluruh Kalimantan Barat. Bisa dikatakan sentral perbenihan padi tersebut di Mempawah,” sebutnya.(wah)

Berita Terkait