Mempawah Runner-up LMSI Tingkat Kalbar

Mempawah Runner-up LMSI Tingkat Kalbar

  Minggu, 9 Oktober 2016 13:40
MAKAN IKAN: Kampanye gerakan makan ikan semakin gencar di lingkungan masyarakat. Tujuannya agar masyarakat semakin sadar pentingnya pemenuhi asupan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. Wahyu Ismir/pontianak post

Berita Terkait

MEMPAWAH- Kabupaten Mempawah berhasil meraih prestasi membanggakan pada ajang Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2016, belum lama ini di Kota Pontianak. Mempawah tampil sebagai runner-up dibawah tim masak Kota Pontianak yang tampil sebagai jawara.

Keberhasilan itu pun mendapatkan apresiasi dari TP-PKK Kabupaten Mempawah, Hj Erlina Ria Norsan yang menyaksikan langsung perlombaan tersebut. Erlina mengaku senang dan bersyukur Tim LMSI Kabupaten Mempawah mampu berpestasi.

“Tim sudah menampilkan kemampuan terbaiknya. Dan hasilnya, kita berhasil meraih juara dua dalam ajang tingkat Provinsi Kalimantan Barat ini. Prestasi ini sangat membanggakan dan patut diapresiasi,” tutur Erlina.

Dalam ajang lomba tersebut, ungkap Erlina, tim masak Kabupaten Mempawah menampilkan sejumlah kreasi menu makanan berbahan dasar ikan. Diantaranya, menu keluarga Ikan Tongkol Pindang Kuning, kemudian untuk menu balita Kue Udang Pisang Sagu Ikan atau disingkat Kupis Sagon Ikan, serta tampilan menu kudapan Bingke Lemak Bahan Ikan Mayong disingkat Binle Vla Mayos.

“Beragam kreasi menu makanan berbahan baku ikan ini harus terus dikembangkan lagi dimasa mendatang. Agar, semakin banyak menu-menu makanan yang sehat dan bergizi tinggi yang dapat di olah masyarakat untuk kebutuhan keluarganya,” harap Erlina yang menerima piala dari Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Frederika Cornelis.

Sebab, imbuh dia, untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berdaya saing dan berkarakter, maka pembangunan fisik dan mental harus dilakukan mulai dari lingkungan rumah tangga.

“Seperti filosofi kuno, mensana in menforisano yang artinya dalam tubuh yang sehat terhadap otak yang cerdas. Maka pemberian gizi yang bermutu dan berkualitas kepada anak perlu dilakukan sejak usia dini. Yakni sejak dari dalam kandungan hingga tumbuh menjadi dewasa,” tuturnya.

Upaya memenuhi kebutuhan gizi tersebut, tambah Erlina, maka menu makanan ikan sebagai sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat. Ikan memiliki kandungan gizi yang sehat, halal dan baik. Bahkan, para ahli gizi sejak dulu selalu mengingatkan masyarakat meningkatkan konsumsi ikan.

“Protein yang terkandung dalam ikan sangat berkualitas tinggi. Kadar kolesterol rendah, ikan juga mengandung asam lemak tak jenuh, asam lemak omega 3 yang dapat mempengaruhi fungsi pembuluh darah hingga mencegah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Fungsinya mencegah penyakit jantung,” terangnya.

“Bahkan, orang yang sering mengkonsumsi ikan cenderung bebas dari berbagai penyakit dan memiliki umur panjang. Contohnya suku Eskimo dan masyaraka Jepang. Dengan makan ikan, maka potensi penyakit seperti jantung, diabetes, kanker dan lainnya dapat terhindari,” ungkap Istri Bupati Mempawah itu.

Selain Kota Pontianak dan Kabupaten Mempawah sebagai juara dan runner-up LMSI 2016 tingkat Provinsi Kalimantan Barat, juara ketiga diraih Tim LMSI Kabupaten Landak, harapan satu diraih Tim LMSI Kota Singkawang, harapan dua Kabupaten Sintang dan harapan tiga Kabupaten Ketapang. Sedangkan juara favorit diraih Kota Singkawang.(wah)

Berita Terkait