Mempawah Juara

Mempawah Juara

  Jumat, 21 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

Ribuan Warga Saksikan Lomba Sampan Bidar

SELAKAU—Tim lomba sampan Bidar utusan Kabupaten Mempawah berhasil meraih juara disaksikan ribuan pasang mata warga yang menyemut di kecamatan Selakau yang dipusatkan di Sungai Selakau Kabupaten Sambas Jumat (20/10) kemarin.

Diusul juara II diraih Kabupaten Ketapang, Juara III Kabupaten Sambas, dan Juara IV Kapuas Hulu. Semua tim meraih gelar juara setelah berhasil lolos pada putaran pertama melawan tim sampan lainya.

 “Selamat bagi pemenang, namun yang lebih penting kita tidak menduga antusias warga tinggi, sampai jembatan dan pinggiran jembatan selakau penuh,” ungkap Ketua FSBM XI Syech Bandar ditemui di Selakau.

Tentu saja, kata dia, animo warga yang menyaksikan ini tidak terlepas dukungan semua pihak. “Tanpa dukungan utusan Kabupaten/Kota tidak ada apa apa FSBM XI di Singkawang ini, merekalah yang juga ikut meramaikan. Kami sangat apresiasi. Terima kasih Gubernur, Walikota dan bupati se Kalbar yang mendukung pelaksaan FSBM XI di Singkawang serta dukungan moral maupun materi kepada setiap utusan MABM kabupaten/kota,” ungkapnya.

Melihat antusias tinggi ini, tentu, kata Bandar, apa yang diwacanakan tokoh Melayu Kalbar Osman Sapta Oedang agar pertemuan puak melayu se-Nusantara bisa digelar di satu ajang FSBM bisa dilaksanakan. “Kami siap menyambut hal itu, kami kota Singkawang siap jadi tuan rumah FSBM se-Indonesia,” katanya.

Ada 11 tim pendayung yang bersaing. Dalam satu putaran ada 4 tim bertanding memperebutkan posisi kesatu dan kedua. Jarak mulai start hingga finish kurang lebih 700 meter. Jarak yang melelahkan memang bagi pendayung. Namun keempat tim terbaik bisa melaluinya dengan baik.

Sementara itu, Rahmatillah selaku ketua dewan juri tangkai lomba sampan bidar dari MABM provinsi mengatakan tangkai lomba ini merupakan sakral dan bergengsi, yang mana festival ini dua tahun sekali digelar. “Dan sesuai hasilnya Juara I Mempawah, Juara II Sintang, Juara III Sambas, dan juara IV Kapuas Hulu,” katanya.

Bagi tim lomba sampan Mempawah hasil yang diraih ini merupakan hasil kerja keras tim. Dimana kemenangan tangkai lomba sampan ini merupakan emas perdana bagi Mempawah di ajang FSBM XI kali ini.

“Ini sudah menjadi target kita. Karena sebelumnya di FSBM sebelumnya sempat gagal,” ungkap H Anuar S.IP MSi uang juga Ketua PODSI Mempawah ini. (har)

Berita Terkait