Memilih Bank yang Tepat

Memilih Bank yang Tepat

  Senin, 29 February 2016 07:38

Berita Terkait

Sebelum memutuskan memilih bank yang tepat untuk menabung, sebaiknya cari informasi mengenai bank yang ingin dituju, baik itu melalui internet maupun sumber lainnya. Pilihlah bank yang memberikan manfaat dan keuntungan. Terutama yang memberikan jaminan keamaan bagi nasabahnya. Oleh : Marsita Riandini

Sekarang ini, dunia semakin canggih. Beragam alat yang membantu memudahkan masyarakat. Termasuk alat pembayaran yang tak melulu harus menggunakan uang tunai, melainkan dapat dilakukan melalui kecanggihan fasilitas yang ditawarkan oleh berbagai bank. Menabung di bank sering kali dipilih sesoerang sebagai alternatif untuk berinvestasi. Sebab ada orang yang sulit menabung di rumah lantaran uang yang ditabung sering terpakai. Demikian yang disampaikan oleh Dr. Helma Malini, MM kepada For Her. “Di rumah itu boros, kalau nabung sendiri malah suka terambil khan. Menabung di bank biasanya lebih aman,” tutur Dosen Untan ini.

Alasan lainnya, lanjut dia fasilitas yang ditawarkan oleh bank memberikan kemudahan bagi masyarakat. “Sekarang ini khan kita diberikan kemudahan dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh bank. Sekarang pun zamannya online, sehingga segala pembayaran baik itu tagihan listrik, dan tagihan lainnya bisa dibayar sekaligus tanpa harus bolak-balik dari satu tempat ke tempat lain untuk membayar tagihan,” jelas dia.

Namun, menabung di bank tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Semakin banyak bank yang bisa dipilih sebagai tempat menabung, semakin membutuhkan kejelian kita pula sebagai calon nasabah. Memilih bank yang tepat untuk menabung tidaklah mudah, karena itu diperlukan beberapa pertimbangan. “Baik bank pemerintah maupun swasta sudah cukup banyak yang memberikan kualitas pelayanan yang baik. Tetapi yang harus diperhatikan adalah tujuan dari pemanfaatan bank tersebut,” ucapnya.

Jika tujuan hanya ingin menabung, bisa mencari bank yang menerapkan aturan dengan minimal tabungan yang terjangkau. Dengan begitu Anda bisa menabung sesuai dengan keuangan yang dimiliki. “Ada bank yang menerapkan persayaratan minimum untuk menabung itu 250 ribu. Jika kemampuan hanya 50 ribu, berarti cari bank yang sesuai dengan kemampuan. Cari pula bank yang peraturannya tidak sulit, mudah dimengerti,” terang dia.

Pilihlah bank-bank yang memiliki banyak cabang, sehingga memudahkan akses Anda menuju bank tersebut. “Kadang khan kita harus mengurus sesuatu di cabang terdekat. Kalau cabangnya banyak, lebih memudahkan. Ini juga memudahkan untuk orang yang tidak kuasa mengantri. Semakin banyak cabang bank tersebut, antrian semakin sedikit,” ucap dia.

Di zaman sekarang ini, lanjut Helma, seseorang sebenarnya sudah cukup memiliki satu rekening saja. Tetapi bukan berarti tidak  boleh memiliki lebih dari satu rekening. “Kalau dulu orang mau transfer dari Bank A ke Bank B tidak bisa, tetapi sekarang sudah bisa melalui ATM bersama. Transaksi semakin dimudahkan,” papar dia.

Memiliki beberapa rekening menjadi cara seseorang untuk berhemat. “Ada pula yang mengkhususkan rekening satu untuk gaji saja. Nanti dipindahkan ke rekening lain. Asalkan rekening yang satunya tidak punya ATM sih tidak masalah. Kalau sama-sama punya ATM, tetap bisa pemborosan juga. Semakin banyak rekening, administrasinya semakin besar pula yang harus dikeluarkan,” pungkasnya. **

Berita Terkait