Memeriahkan Harjad Kota Pontianak, Seribu Anak PAUD Ikuti Pawai

Memeriahkan Harjad Kota Pontianak, Seribu Anak PAUD Ikuti Pawai

  Senin, 10 Oktober 2016 09:29
SENANG: Keceriaan anak-anak peserta pawai perwakilan PAUD Kota Pontianak.Mirza/PontianakPost

Berita Terkait

Memeriahkan Hari Jadi Kota Pontianak ke 245, sekaligus dalam suasana perayaan Tahun Baru Islam, seribuan anak dari seluruh PAUD di Kota Pontianak ikuti pawai bersama Minggu pagi, bertempat di Halaman Asrama Haji Pontianak. Menumbuhkan semangat tahun baru Islam pada anak merupakan tujuan yang ingin diciptakan Himpaudi.

Mirza Ahmad Muin, Pontianak   

Kurang lebih seribuan anak pagi Minggu berkumpul di halaman Asrama Haji Pontianak. Kedatangan mereka ke sana jelas bukan demonstrasi, melainkan sebagai peserta lomba pawai memeriahkan Hari Jadi Kota Pontianak ke 245 sekaligus dalam suasana perayaan Tahun Baru Islam. 

Semangat keikutsertaan anak dalam lomba itu terasa sekali. Teriakan anak-anak, yang tak sabar untuk segera memulai pawai sudah terasa saat Pontianak Post tiba di lokasi itu. Sebelum pawai dimulai, terlebih dahulu kesemua peserta dibariskan untuk mendengar pengarahan-pengarahan dari panitia pelaksana. Macam pola tingkah anak PAUD ketika mendengar kata sambutan panitia jadi pemandangan menarik. Sambil jongkok, berdiri, kadang barisan tak rapi itulah tingkahnya. Tak jarang beberapa orang tua anak ikut berdiri dibelakang barisan untuk memastikan bahwa barisan tetap rapi.

“Pawai anak yang diikuti seluruh PAUD di Kota Pontianak ini dalam rangka meriahkan tahun baru Islam sekaligus memeriahkan Hari Jadi Kota Pontianak 245,” terang Ketua Himpaudi Pontianak, Marsuni, sebelum melepas peserta pawai.

Dijelaskan dia, tujuan penyelenggaraan pawai ini untuk mengenalkan kepada anak usia dini bahwa selaku umat Islam harus mengetahui bahwa di kalender Islam juga miliki tahun baru yang jatuh 1 Muharam.  “Dengan kegiatan ini juga secara otomatis menumbuhkan kedekatan antara anak dan orang tua dengan miliki banyak waktu bersama. Tentu ini dapat meningkatkan pendidikan keluarga,” terangnya.

Untuk jumlah peserta pawai dikatakan dia, kurang lebih ada seribu anak perwakilan PAUD seluruh Kota Pontianak, dimana satu kelompok pawai, beranggotakan 20-50 anak. 

Rute pawainya kata dia dimulai dari halaman Asrama Haji Pontianak kemudian masuk ke Jalan Sutoyo dan finish di Jalan Sutoyo tepat di Kantor Terpadu Kota Pontianak. “Untuk pawai memang kita tak banyak rute, karena pesertanya masih anak-anak,” terangnya.

Penilaian kriteria lomba tentu kreasi, kerapian, kebersamaan kelompok merupakan fokusnya. Contoh, jika saat awal barisan anak rapi dan kompak tapi saat mendekati finis barisan tak rapi lagi tentu akan mengurangi nilai sebuah tim. 

Dia berharap pawai yang baru diadakan tahun ini dapat diselenggarakan di tahun depan. “Saya berharap pelaksanaan pawai berikutnya dapat lebih ramai dari ini dan mereka (anak-anak) medapatkan semangat menghadapi tahun baru Islam,” tutupnya.*** 

Berita Terkait