Memerah Laba dari Susu Sapi Australia

Memerah Laba dari Susu Sapi Australia

  Rabu, 27 July 2016 09:30
ONE MILK: Dengan slogan Pontianak Punye Susu Muhammad Yunus mencoba usaha gerai susu sapi segar Australia yang murni tanpa ada campuran bahan. PAHLEVI Y HARISANDY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Susu tidak hanya dinikmati bagi segelintir orang, penikmatnya tentu tak mengenal usia. Bagi si penikmat susu, tentu mereka menginginkan susu yang diminumnya itu benar-benar murni tanpa ada campuran pengawet lainnya. Gerai susu sapi murni bernama One Milk memenuhi hasrat mereka.

PAHLEVI Y HARISANDY, Pontianak

SAAT mendengar susu, tentu kita beranggapan bahwa itu adalah minuman yang baik untuk dikonsumsi dan menyehatkan tubuh. Tapi apa artinya jika minuman tersebut dicampur dengan kandungan lain dengan tujuan membuat susu itu dapat bertahan dalam waktu lama ? tentu itu akan menimbulkan efek buruk dari kandungan berbahaya tersebut.

Kini, warga kota Pontianak tak perlu takut mengonsumsi susu yang disediakan One Milk, gerai susu sapi Australia milik Muhammad Yunus di Jalan K.H Ahmad Dahlan No. 72 Pontianak. Karena One Milk menyuguhkan susu sapi Australia murni tanpa ada campuran bahan lain untuk membuat susunya tahan lama.

“Susu yang kita jual tidak mengandung bahan campuran lain agar tetap tahan lama. Kita tetap utamakan kualitas susu kita,” tegasnya, saat ditemui Pontianak Post, Selasa, (26/7).

Meski usahanya ini terbilang baru, Yunus kini tidak perlu pusing lagi mencari pekerjaan atau mata pencaharian untuk keluarganya. Dia mengatakan, sejak enam bulan mendirikan usaha susu sapi murni, dia sudah dapat meraup keuntungan. “Alhamdulillah, meski baru berjalan enam bulan usaha saya ini sudah memberikan rezeki yang insyaallah halal untuk keluarga saya,” ungkapnya.

Dibeberkannya, sebulan dia dapat mengantongi laba sekitar dua juta. Terutama sejak dia memiliki gerai sendiri dua bulan lalu. “Saya jual susu ini di gerai baru dua bulan, nah dari gerai inilah keuntungan saya meningkat,” kata Yunus.

Yunus menceritakan awal mula dia terjun dan menggeluti usaha susu sapi autralia ini kepada Pontianak Post. Diceritakannya, awalnya dia membeli sapi asal Australi dari temannya yang berkediaman di pulau Jawa dengan tujuan mengonsumsi susu perahannya untuk keluarga besarnya.

Berjalannya waktu, sapi ternaknya itu berkembang biak dan susu perahannya semakin meningkat. Itulah yang menimbulkan ide dalam benak Yunus untuk memperjualbelikan perahan susu sapi Australia miliknya.

“Saya gak percaya awalnya sapi ternak saya ini menjadi peluang usaha yang terbilang baru di Pontianak. Kan penjual susu sapi murni ini biasanya ada di pulau Jawa saja,” terang pria berusia 26 tahun.

Nama One Milk didapat Yunus karena dinilainya usahanya ini adalah pertama kalinya di Pontianak. “Saya rasa saya yang pertama di Pontianak yang menyuguhkan susu murni tanpa bahan pengawet dan susunya itu kita peroleh dari peternakan milik sendiri pula,” tandasnya.

Yunus memberikan slogan untuk usaha barunya ini agar lebih dikenal masyarakat kota Pontianak. “Saya beri slogan Pontianak Punye Susu. Karena ya tadi itu, sekarang susu murni tidak hanya ada di pulau Jawa tapi juga ada di Pontianak,” pungkasnya.

Pangsa pasar yang dibidik Yunus adalah semua kalangan usia masyarakat kota Pontianak. Dinilainya, susu tidak memiliki penikmat khusus karena susu hampir tidak memiliki efek buruk bagi si pengonsumsi. “Semua usia bisa menikmati. Susu memberikan dampak baik bagi si peminum dan hampir tidak ada efek buruknya selama dikonsumsi dalam jumlah yang tak berlebihan dan teratur,’ jelasnya.

Peternakan yang dimiliki Yunus berada di daerah Bakau, Kabupaten Mempawah. Sekitar 25 ekor sapi Australia miliknya ini dirawat oleh keluarganya disana yang memiliki latar belakang pendidikan tentang perternakan.

“Kebetulan keluarga saya memiliki basic tentang perternakan. Jadi kita bentuk perternakan berbentuk CV dengan nama Powerland Integrated Farming. Agar konsumen kami yakin dengan susu hasil perahan kami di perternakan,” beber pria lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pontianak.

Sapi Australia milik Yunus ini dikatakannya sangat dijaga kesehatannya. Setidaknya setiap bulan sapi-sapinya ini deperiksa oleh dokter hewan kepercayaannya. Ditambah lagi, makanan yang diberikannya pun sangat diperhatikan Yunus. Makanan yang mengandung mineral tinggi dikatakan Yunus adalah santapan yang baik untuk sapi.

“Kita jaga kesehatan sapi demi menjaga kualitas susu yang diproduksi sapi itu sendiri. Jangan sampai susunya nanti kurang baik dan tidak memberikan efek kesehatan bagus untuk pengonsumsinya,” terangnya.

“Karena kami tidak gunakan pengawet, susu sapi kami hanya dapat bertahan satu minggu, itupun jika disimpan dalam lemari pendingin hingga beku. Kalau dalam keadaan normal, susu murni ini hanya bertahan dua atau tiga jam saja,” lanjut dia.

Disebutkannya, produk susu miliknya ini menyuguhkan berbagai jenis rasa tanpa mempengaruhi kandungan gizi dari susu tersebut. “Original, Vanila, Strawberry dan Melon dengan harga 10 ribu rupiah perbotol kemasan 250 mililiter,” sebutnya.

Promosi yang dilakukan Yunus untuk memperkenalkan usahanya ini hanya melalui sosial media yang ada. “Saya promosi melalui Facebook, Instagram, Line, Whats App, BBM dan tak jarang saya mengikuti pameran-pameran yang ada,” katanya.

Yunus Menambahkan, tidak hanya sekedar menjaga kualitas susu sapi murni miliknya, tapi dia juga memberikan rasa aman bagi konsumennya terhadap susu sapi murni ini dengan membuat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan disertai dengan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Islam (MUI) Pontianak. “Kita berikan ini agar masyarakat merasa aman dan percaya bahwa susu yang kami jual ini benar-benar sehat dan tentunya halal,” imbuhnya.

Dikatakannya, dengan promosi yang belum gencar dilakukannya, dia dapat menjual 50 sampai 100 botol susu sapi murni di gerai One Milk yang buka setiap hari dari pukul 06:00 pagi hingga pukul 22:00 malam. “Sehari sekitar 50 sampai 100 botol pasti terjual. Dengan konsumen yang didominasi oleh kalangan remaja hingga dewasa,” tutur Yunus.

Dibalik mengonsumsi susu sapi murni ini, Yunus mengatakan akan mebuat kesehatan peminumnya yang teratur akan terjaga. “dari pengalaman langganan saya, mereka cerita bahwa semenjak meminum susu sapi murni One Milk ini kesehatan mereka terjaga seperti Buang Air Besar (BAB) teratur, nafsu makan meningkat, insomnia tidak lagi terjadi dan masih banyak lagi manfaat lainnya. sebutnya (**)

Berita Terkait