Melirik Peluang Bisnis Dekorasi Pernikahan

Melirik Peluang Bisnis Dekorasi Pernikahan

  Senin, 8 January 2018 10:00

Berita Terkait

Hampir semua calon pengantin berkeinginan memperlihatkan dekorasi pernikahan terbaik dan berbeda. Meski terkesan mengusung konsep pernikahan yang sederhana, dengan sentuhan dari ahli yang handal akan menghadirkan venue pernikahan yang sangat istimewa. Tak heran, selain pemilihan busana dan gedung, peluang usaha layanan jasa dekorasi pernikahan juga mulai dilirik.

Oleh : Ghea Lidyaza Safitri

Pernikahan adalah hal yang sakral dan jadi pengalaman sekali seumur hidup bagi seseorang. Pernikahan jadi peristiwa tak terlupakan sampai kapan pun. Kebanyakan orang ingin pesta pernikahannya menarik. Salah satu hal penting memilih dekorasi pernikahan yang tepat. 

Layanan jasa dekorasi pernikahan bisa menjadi solusi. Bahkan, lebih dari sekadar memberikan saran tentang warna atau furnitur yang digunakan. Seorang desainer interior akan menciptakan ruangan yang harmonis. Ia akan memperhitungkan pencahayaan dan kegunaan ruangan yang digunakan. Proyek kolaboratif antara kedua insan dan desainer interior terjalin demi konsep yang diinginkan. 

Muhammad Sudomo, owner Momo Wedding Pontianak mengatakan layanan jasa dekorasi pernikahan memliki prospek yang dapat ditekuni, serta memiliki peluang lapangan kerja bagi sebagian orang. Apalagi pernikahan adalah ibadah penyempurnaan setengah agama. Prospek usaha jasa dekorasi yang diusungnya selalu berlanjut. Hampir setiap minggu selalu ada yang menggelar pernikahan dan memerlukan dekorasi untuk mempercantik ruangannya.

Pria yang akrab disapa Momo ini mengaku sempat memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama, sehingga tak merasa kesulitan berhadapan dengan banyak orang. Ini juga jadi salah satu persiapan yang dilakukan. Seorang layanan jasa dekorasi harus memiliki mental usaha yang kuat dalam menghadapi konsumen yang memiliki pemikiran berbeda-beda, 

“Karena tidak mudah menyatukan keinginan yang sama antara pelayan jasa dan kedua insan. Hampir seluruh pasangan memiliki kemauan yang bermacam-macam,” ujarnya. 

Kemudian, pelayan jasa bisa mulai mencicil pembelian bahan-bahan interior secara perlahan. Beruntung, kini ia memiliki tempat suplai barang yang sudah dikenal. Hadirnya interior membuat pelayan jasa dekorasi pernikahan memiliki banyak konsep tema yang bisa dijadikan referensi. Momo kerap membaca minat masyarakat Pontianak dalam menentukan konsep dekorasi yang digunakan. Tak heran jika dirinya kerap menawarkan konsep dekorasi yang sedang update.

Beberapa contoh konsep dekorasi yang pernah diusungnya pada 2017 adalah Cinderella dan Rustic. Pria kelahiran Pontianak pada15 Oktober 1991 mengungkapkan konsep dekorasi rustic yang diusungnya terkesan klasik dan kebanyakan menggunakan kayu. Sedangkan, untuk model Cinderella, sangat original dan detail, khususnya pada pembuatan kerangka istana. Tak lupa, perpaduan warna harus kontras dengan dekorasinya. 

“Alhamdulillah dengan memiliki konsep yang musiman atau custom sendiri, seperti yang coba saya usung, insya Allah jasa deorasi akan terus digunakan,” tutur Momo. 

Berbicara masalah harga, Momo menyesuaikan dengan konsep dekorasi yang diusung, serta tingkat kesulitannya. Kisaran harga dekorasi yang pernah dikerjakannya Rp1 juta untuk di dalam rumah, hingga belasan atau bahkan puluhan juta rupiah untuk di dalam gedung. 

Meski begitu, ia belum bisa memperkirakan seberapa besar pendapatan yang diterima karena layanan jasa dekorasi ini bukan pekerjaan menetap. Bergantung berapa kali dalam sebulan ia dan tim mendekorasi.

Sejauh ini Momo mengambil konsumen yang menengah. Terkadang, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Beberapa konsumen menginginkan dekorasi yang bagus, tapi dengan harga miring. Meski begitu, Momo tetap memberikan layanan terbaik. Baginya, terpenting konsumen puas dan ada pemasukan untuk layanan jasa yang diusungnya sehingga bisa memiliki pendapatan dan membayar gaji karyawan. 

“Terkadang juga memberikan harga promo dan model terbaru untuk konsumen. Yah, dengan harga include murah meriah saja,” tambahnya. 

Hambatan juga kerap menghampiri Momo dalam menjalani layanan jasanya ini. Pernah suatu ketika, tenda yang dibangun roboh. Dekorasi pelaminan yang sudah 80 persen pengerjaan secara tiba-tiba tumbang tertiup angin dan hujan lebat. Padahal waktu resepsi tinggal beberapa jam. Beruntung ia dan tim masih diberi kemudahan untuk memperbaiki. Alhamdulillah, tenda dan dekorasi pelaminan tetap utuh hingga akhir resepsi. 

Melihat besarnya minat masyarakat Pontianak terhadap dekorasi pernikahan, Momo menjamin layanan jasa menjadi peluang kerja yang baik. Bagi yang ingin merintis layanan jasa di bidang ini, ia menyarankan untuk model yang update. Selain itu, juga menyiapkan mental dan modal karena modal yang dibutuhkan tidak sedikit.

“Jika belum memiliki modal untuk memulai usaha, bisa menyewa alat lebih dulu. Dan selalu ingat ketika usaha sudah berjalan jasa bersaing dengan yang sudah ada, tapi tetaplah saling mendukung,” pesannya.**

Berita Terkait