Melihat Panen Ikan Konsumsi di Danau Lindung

Melihat Panen Ikan Konsumsi di Danau Lindung

  Rabu, 12 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

BUPATI Hulu AM Nasir tampang senang. Dia kembali menghadiri panen raya ikan konsumsi di danau lindung di kecamatan Bunut Hilir. Jika sebelumnya di Desa Empangau, kali ini di Desa Tembang, Sabtu (8/10) pekan lalu.

Panen raya dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero bersama Sekda Kapuas Hulu H. Muhammad Sukri dan para pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu.

Selain jajaran eksekutif, panen raya yang dihadiri seluruh warga desa Tembang ini juga dihadiri Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kapuas Hulu H. Muhsin, sejumlah anggota dan pimpinan DPRD Kapuas Hulu. Nasir meminta, masyarakat nelayan danau tetap berkomitmen menjaga kelestarian ikan di danau. Dia juga mengapresiasi warga Desa Tembang yang telah melestarikan danau dan ikan.

“Sekarang penangkapan ikan sudah menggunakan alat tangkap canggih, sebaiknya jangan dilakukan. Populasi ikan harus dijaga agar tidak langka dan tetap lestari,” tutur Nasir. dia berharap nelayan danau bisa selektif dalam memilih ikan yang akan ditangkap.Sehingga keberlangsungan hidup ikan di danau tidak punah.

“Saya berharap ikan-ikan yang ditangkap jangan lagi kondisi bertelur,” paparnya.

Ikan yang sedang bertelur mesti dibiarkan menetas terlebih dahulu, sehingga ikan bisa berkembang biak. Nasir meminta warga danau lainnya bisa mencontoh danau lindung Desa Tembang, ikan masih berlimpah, ini karena manajemen dalam mengelola ikan didanau bagus sehingga hasil tangkapannya stabil.

“Jika ikan sering ditangkap saat bertelur, dipastikan ikan akan punah populasinya,” terang dia.

Politisi PPP ini menyarankan, agar danau tidak sebagai lokasi konservasi saja, tapi bisa dimanfaatkan untuk objek wisata memancing dan wisata keluarga. Sehingga dari sisi ekonomi masyarakat nelayan bisa mendapatkan pemasukan melalui tiket masuk dan perparkiran. Ia meminta pemancingan harus menggunakan sistemi rilis dengan mengembalikan ikan kesungai agar ikan yangditangkap tak punah.

Adapun hasil panen raya ikan konsumsi di Danau Tembang tahun ini diperkirakan mencapai satu ton, dengan berbagai jenis ikan konsumsi hingga yang bernilai ekonomis. Bukan hanya melakukan panen ikan, di Desa Tembang. Bupati A.M Nasir juga mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan. Itu dilakukan untuk menjamin higenis perairan danau dan sungai, dari pencemaran kotoran manusia.

Nasir berharap, deklarasi tersebut menjadi langkah awal dalam menjaga kebersihan air danau.

“Ini juga harus dilakukan masyarakat lain disejumlah kecamatan wilayah sungai dan danau,” harapnya.

Panen raya ikan konsumsi di danau lindung Desa Tembang, Kecamatan Bunut Hilir juga dihadiri oleh jajaran pimpinan Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu dan dari Muspika Kecamatan Bunut Hilir. (*) 

Berita Terkait