Mau Donor Darah? Penuhi Syarat Ini

Mau Donor Darah? Penuhi Syarat Ini

  Rabu, 13 April 2016 16:04
Ilustrasi. dok. JPNN.com

Berita Terkait

Kegiatan donor darah memang memiliki banyak manfaat bagi pendonor. Sayangnya, untuk menjadi seorang pendonor tidak bisa sembarangan saja. Sebab, pendonor harus memenuhi beberapa syarat saat ingin menyumbangkan darahnya.

Kepala Bidang Pengadaan Darah DKI Jakarta Palang Merah Indonesia (PMI) dr Dian Winarti memaparkan, kondisi pendonor harus dalam keadaan sehat. "Tidak diizinkan orang yang mengidap penyakit untuk melakukan donor darah," ujarnya dalam kegiatan donor darah Senayan City, Jakarta, Rabu (13/4).

Dia menambahkan, pendonor juga tidak boleh mengonsumsi obat-obatan saat ingin mendonorkan darah selama seminggu. Sebab, mampu berpengaruh pada keadaan darahnya.

Darah yang didonorkan tidak boleh kental maupun encer. "Kalau darahnya kental nanti bisa mengakibatkan orang yang mendapat transfusi darah mengalami struk‎," paparnya.

dr Dian menyebutkan, donor darah tidak disarankan untuk para ibu hamil. Bila tetap ingin berdonor perlu menunggu waktu. "Setidaknya, tunggu sampai setahun kelahiran anaknya baru bisa mendonorkan darahnya," ucapnya.

Syarat lainnya, yakni terkait usia. "Yang diizinkan mendonorkan darah itu hanya berlaku untuk usia 17-60 tahun," tandasnya.

Tak sekadar syarat-syarat tersebut yang harus dipenuhi. Nah, para pendonor juga harus melakukan sejumlah tahapan sebelum mendonorkan darahnya.

Dikatakan dr Dian, pendonor harus istirahat, makan, dan minum yang cukup. Tidur minimal lima jam, agar sirkulasi darahnya lancar.

"Kalau pendonor tidurnya kurang dari lima jam maka akan pusing saat bangun tidur. Jika donor darah dalam keadaan seperti itu nanti bisa memperparah si pendonor," terangnya.

Lanjutnya, sebaiknya pendonor perbanyak minum air putih sebelum mendonorkan darahnya. Terutama, untuk para bapak-bapak yang harus perbanyak minum air putih selama seminggu sebelum donor darah. Tujuannya, agar hemoglobin (HB) bisa normal.

"Kebanyakan, bapak-bapak ini HBnya bisa sampai 18-19. Sedangkan, normalnya 12,5-17," jelasnya.

Usai mendonorkan darah, sambungnya, pendonor wajib mengistirahatkan dirinya sekitar satu jam. Tujuannya, untuk meningkatkan atau mengembalikan stamina‎. "Setelah, satu jam itu terserah mau melakukan kegiatan atau aktifitas apapun. Mau olahraga juga boleh," pungkasnya. (rka/JPG)

Berita Terkait