Matt Damon Was Born A Joke!

Matt Damon Was Born A Joke!

  Minggu, 21 January 2018 08:30

Berita Terkait

Jimmy Kimmel soal Kesiapan Memandu The Oscars 2018

JIMMY Kimmel kembali memandu seremoni Academy Award atau The Oscars 2018 pada 5 Maret mendatang. Meski waktunya sudah dekat, dia belum juga menyusun skrip atau merancang jokes. Dalam Disney Winter Television Critics Association (TCA) Press Tour di The Langham Huntington Hotel, Pasadena, yang dihadiri wartawan Jawa Pos RETNA CHRISTA pekan lalu, Kimmel dengan senang hati membagi rencananya untuk nge-host The Oscars nanti.
Halo, Jimmy. Minggu lalu (Senin, 8/1 WIB, Red) Seth Meyers sukses membawakan Golden Globes dengan mengusung isu pelecehan seksual. Bagaimana kamu menangani isu tersebut di The Oscars nanti? 
Sejujurnya, aku merasa Seth lucu banget. Menurutku, dia sengaja bikin jokes yang spesifik buatku. Seth seperti mengirim anjing ke luar angkasa dan ingin melihat apakah si anjing bakal kembali hidup-hidup. Makasih jadi litmus test buatku. Dia membantuku mengukur reaksi audiens atas jokes bernuansa senada.

Kamu sudah menyiapkan jokes?
Masalahnya, Oscar masih dua bulan lagi. Itu ibaratnya mau masuk bak air panas, kita tidak tahu berapa temperaturnya sebelum benar-benar nyemplung. Aku tidak tahu mood audiens nanti seperti apa dan apakah jokes yang kusiapkan sekarang masih relevan. Tapi, ya, memang itu (pelecehan seksual, Red) menjadi subjek yang tak bisa dihindari di The Oscars nanti. Kecuali dalam dua bulan ke depan ada serangan senjata nuklir ke Sacramento. Nanti, setelah pengumuman nomine pada 23 Januari, aku mulai menulis.

Kamu bisa saja mulai menulis jokes tentang Harvey Weinstein malam ini kan?
Bisa, tapi siapa yang bisa menjamin Harvey Weinstein masih hidup dalam dua bulan ke depan?

Tahun lalu terjadi kesalahan penyebutan pemenang Best Picture. Mungkin nggak tahun ini kekacauan tersebut terulang?
Well, kalau itu terjadi lagi, jelas semua orang di ABC harus dipecat. Kalau kejadian sekali, tentu kita bisa memahami. Kalau sampai dua kali, jelas mereka tidak kompeten untuk menyelenggarakan acara atau network.

Di acaramu, Jimmy Kimmel Live!, kamu sering mengeritik kebijakan pemerintahan Donald Trump, terutama soal health care. Apakah itu akan dibahas juga?
Aku tidak berencana menggunakan Oscars sebagai platform untuk bicara soal health care. Kurasa saat Oscars aku harus ingat kenapa aku ada di situ. Itu bukan soal aku. Aku di sana untuk menghibur orang-orang pada malam terindah mereka. Kalau terlalu berat, nggak adil buat mereka.

Kamu nonton semua film yang tampaknya dinominasikan?
Ya, aku mulai nonton setiap film yang punya peluang masuk nominasi. Hal tersebut membantuku menulis jokes. Tapi, yang kupahami dari tahun lalu, kayaknya audiens juga tidak nonton sebagian besar film yang dinominasikan. Jadi, waktu aku bercanda soal film-film itu, mereka nggak paham. Misalnya, Moonlight. Wah, saat itu guyonanku garing banget karena mereka nggak dapat referensinya.

Matt Damon pasti bakal kamu jadikan guyonan lagi?
Ah, Matt... Ya, kami bersenang-senang selama bertahun-tahun. Matt selalu suportif soal itu. Di Oscars tahun lalu, kami bikin tribute palsu untuk film dia We Bought a Zoo. Itu brutal banget. Sampai banyak orang bertanya padaku, ’’Apakah Matt baik-baik saja?’’. Ya, dia baik-baik saja dan aku nggak yakin kenapa dia nggak marah. Tapi, selera humor Matt bagus, terutama kalau ngetawain diri sendiri.

Kamu nggak takut orang bosan dengan joke tersebut?
Salah satu hal yang sangat aku nikmati, bukan hanya sebagai komedian, tapi juga sebagai manusia, adalah memeras sebuah jokes sampai tetes terakhir. Sampai dia mati, sampai dia hidup lagi, dan jadi lucu lagi.

Dengan segala perkembangan tahun ini, ada kampanye #MeToo dan sebagainya, apakah ini waktu yang tepat untuk mengangkat joke Matt Damon?
Matt Damon was born a joke as far as I know! Matt Damon itu sejak lahir jadi guyonan. Hm, aku belum tahu. Kuharap dua bulan lagi kita punya sesuatu yang benar-benar menarik perhatian kita. Kita lihat saja apakah masih ada ruang buat Matt. Tapi, jika ada celah sedikit saja untuk Matt, pasti kalian tahu apa yang akan kulakukan.
Tahun lalu kamu memasukkan rombongan tur Hollywood ke gedung Dolby Theatre. Tahun ini mau bikin apa lagi?
Aku tidak akan mengulang hal yang spesifik sama. Tapi, kurasa penting untuk memberi acara tersebut sedikit kejutan. Hal yang paling nggak enak dari acara award, terutama sebagai audiens, adalah semuanya terencana. Jadi asyik kalau ada kejutannya.(*)

Berita Terkait