Matikan Gadget Mulai Petang

Matikan Gadget Mulai Petang

  Sabtu, 20 February 2016 08:53
SOPHIE NAVITA

Kemajuan teknologi, khususnya gadget, membuat interaksi manusia menjadi tidak kenal tempat dan waktu. Namun, itu tidak berlaku bagi Sophie Navita Simanjuntak. Istri musisi Pongki Barata tersebut membuat kebijakan sendiri di rumah agar keseimbangan hidup terjaga.

”Di atas pukul enam sore, selesai sudah. Matikan semua,” ucap perempuan kelahiran Singapura, 10 November 1975, itu. Dia mematikan semua peralatan elektronik, terutama ponsel dan sejenisnya. ”TV memang jarang menyala,” ujarnya. Kebiasaan tersebut diberlakukan sejak pertengahan tahun lalu.Selain untuk berdisiplin, seharian sejak pagi sampai sore dirasa cukup untuk beraktivitas dan berinteraksi dengan orang lain, baik secara langsung maupun melalui media sosial dan aplikasi lain dalam ponsel pintar. ”HP matikan, simpan semua di satu meja,” tegas ibunda Rangga Namora Putra Barata dan Radya Tuaro Putra Barata tersebut.

Mulai pukul 17.00, saatnya meningkatkan kualitas waktu para anggota keluarganya. Kecuali ada pekerjaan yang memang mesti diselesaikan malam itu juga, biasanya Sophie maupun Pongki memberitahukan sejak siang atau sore. ”Minta waktu satu jam atau dua jam, misalnya. Itu tidak apa-apa, ada toleransi,” kata presenter, penyanyi, sekaligus aktris tersebut.Sejauh ini, kebijakan itu berlangsung mulus. Justru orang lain yang memerlukan interaksi dengannya masih sulit menerima. Namun, Sophie tidak ambil pusing komplain orang lain. ”Too much lah. Kan besok lagi juga bisa,” tegasnya. (gen/c7/agm)