Matic Dominasi Pasar Sepeda Motor, Lebih Mahal, Vario Kalahkan Beat

Matic Dominasi Pasar Sepeda Motor, Lebih Mahal, Vario Kalahkan Beat

  Senin, 7 December 2015 08:23
SKOOLFEST: Honda menggelar All New BEAT Esp Skoolfest yang menghadirkan konser JKT48 untuk mengapresiasi para konsumen sepeda motor Beat. ARISTONO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – Pasar sepeda motor di Indonesia, dan Kalimantan Barat saat ini sedang berubah. Sepeda motor bebek kini mulai ditinggalkan konsumen. Sementara penjualan sepeda motor jenis skuter matic terus mengalami peningkatan.
Marketing Region Head Astra Motor Pontianak, Budi Yanto mengatakan sepeda motor matic kini menguasai sekitar 58 persen total penjualan merek Honda.“Saat ini matic naik terus. Sementara sepeda motor bebek menurun. Sepertinya matic banyak mengambil pasar sepeda motor bebek. Pertumbuhan sepeda motor matic sendiri sejak pertama kali muncul, terus meningkat hingga mendominasi total penjualan,” ujarnya, saat gelaran All New Beat Esp Skoolfest with JKT48 di area Rumah Radakng, Pontianak, kemarin (6/12).
Sepeda motor matic dipilih lantaran cara penggunaannya yang lebih sederhana, lantaran tidak memiliki sistem pemindahan gigi secara manual. Sementara sepeda motor bebek, walaupun masih menduduki posisi ke dua terbesar penjualannya, terus berkurang peminatnya.Kendati demikian, untuk merek Honda, ternyata sepeda motor kelas menengah jauh lebih laku terjual dibandingkan kelas low entry. Kelas low entry yang diwakili oleh Beat Esp dan Beat Pop hanya terjual sebanyak  1.300 unit per bulan di provinsi ini. Akhir tahun ini All New Beat yang dilaunching Januari lalu bisa terjual 15.000 unit.
Sementara skuter matic kelas menengah seperti Vario125 Esp jauh lebih unggul jualannya. Astra Motor mampu menjual hampir 2000 unit saban bulannya. Padahal harga Vario125 Esp harganya mencapai di atas Rp18 juta, atau berselisih sekitar Rp4 juta dibandingkan All New Beat. Hal ini berbanding terbalik dengan peta pasar Indonesia, dimana All New Beat berada di puncak daftar penjualan sepeda motor Honda, bahkan sepeda motor semua merek.
Budi mengatakan fenomena ini menandakan masyarakat Kalbar lebih mampu secara ekonomi untuk membeli sepeda motor kelas menengah ketimbang masyarakat di daerah lain. Kendati demikian kondisi ini berbeda untuk setiap daerah. Di Pontianak masyarakatnya lebih memilih matic. Sementara di kabupaten perhuluan, motor bebek masih disukai. Bahkan di Sanggau, jenis sepeda motor sport lebih laris yang diwakili oleh Honda Verza.
Sedangkan untuk All New Beat banyak dibeli oleh keluarga dan pengguna pemula seperti pelajar dan mahasiswa. Untuk mengapresiasi konsumen Beat dan masyarakat umum, Astra Motor dan Astra Honda Motor menggelar All New BEAT Esp Skoolfest with JKT48 yang menhadirkan idol group nasional tersebut. Digelar pula berbagai lomba dan permainan. Astra Motor juga memberikan promo khusus untuk penjualan All New Beat secara on the spot, dimana terjual hampir 70 unit dalam sehari. (ars)

 

Berita Terkait