Masih Milik Barca, Real, dan Atletico

Masih Milik Barca, Real, dan Atletico

  Jumat, 12 Agustus 2016 10:08
Barcelona

Berita Terkait

Berharaplah agar pengejaran titel La Liga musim 2016-2017 bisa seseru musim lalu. Dimana kampiun La Liga baru ketahuan di jornada ke-38 alias pada pekan pamungkas. Barcelona akhirnya memenangi perburuan titel dengan selisih satu angka, 91-90, dari Real Madrid.

Musim ini rumah bursa Eropa menjagokan Barca, sebutan lain Barcelona, Real, dan Atletico Madrid masih akan mendominasi kancah kompetisi La Liga. Kalaupun ada 'riak-riak' gangguan akan hadir dari Sevilla, Villarreal, Valencia, juga Athletico Bilbao.

ESPN menganalisis seandainya musim ini diantara Barca, Real, dan Atletico, nama terakhir adalah tim paling 'galak' di bursa transfer. Total Los Rojiblancos, julukan Atletico, menggelontorkan EUR 81 juta (Rp 1,18 Triliun) buat mendatangkan pemain ke Vicente Calderon.

Yang paling mahal diantara enam pembelian Atletico musim panas ini adalah Kevin Gameiro. Penyerang Sevilla itu bersedia berganti kostum dengan banderol EUR 32 juta (Rp 467,46 Miliar). Barca pun tak kalah agresif. Meski tak serakus Atletico di bursa transfer, Blaugrana, julukan Barca, mendatangkan empat wajah baru. Gelandang Andre Gomes yang didatangkan dari Valencia membuat Barca mengeruk pundi keuangan paling banyak. Pemain timnas Portugal itu berharga EUR 34 juta (Rp 505,73 Miliar).

Sedang Real yang sempat dikabarkan mendekati Paul Pogba malah sejauh ini baru mendapatkan satu amunisi. Itupun klausulnya beli kembali atau buyback. Setelah tiga musim 'disekolahkan' di Italia bersama Juventus, Alvaro Morata kembali ke berlatih di Valdebebas musim ini. Morata ditebus seharga EUR 30 juta (Rp 438,24 Miliar).

Usai meraih kemenangan 3-2 atas Sampdoria kemarin (11/8) pada ajang Joan Gamper Trophy di Camp Nou, entrenador Barca Luis Enrique mengatakan ambisi timnya cukup besar buat mengulang sukses musim lalu.

“Kami masih membutuhkan perbaikan menuju musim depan. Dan kami tetaplah tim yang bisa dikalahkan siapapun,” kata Enrique seperti diberitakan Marca kemarin. Barca musim ini sudah kalah start dari Real dalam hal pengumpulan trofi. Kalau dibandingkan Real yang memenangi UEFA Super Cup Rabu (10/8) lalu, Joan Gamper trophy jelas bukan komparasi yang sepadan.

 “Kami memperkuat tim ini dengan sangat brilian. Saya rasa inilah tim terbaik yang saya miliki dalam tiga tahun terakhir,” ucap pria kelahiran Asturias, Spanyol itu. “Mereka punya kualitas dan bisa berkompetisi seperti yang saya harapkan,” tutur Enrique.

Di sisi lain, entrenador Real Zinedine Zidane usai timnya memenangi UEFA Super Cup merasa konfidensinya menanjak. Meski sejauh ini baru mendapatkan satu pemain di bursa transfer akan tetapi Zidane yakin kedalaman skuadnya sudah cukup.

“Kerja kolektif yang ditunjukkan oleh tim kami menunjukkan kami siap. Memenangi satu piala sebelum kompetisi bergulir selalu istimewa,” tutur Zidane kepada AS. Peraih gelar juara dunia 1998 dan Euro 2000 tersebut pun senang ketika mendengar update soal bintangnya Cristiano Ronaldo yang mulai berlatih kembali. Zidane tak akan memaksakan kondisi kapten Portugal meraih trofi Euro 2016 lalu.

Beberapa pemain yang musim lalu kerap jadi cadangan seperti Lucas Vazquez dan Marco Asensio memperlihatkan mereka layak diberi kesempatan lebih sering bermain. Kalau musim lalu Zidane punya alasan kegagalan meraih trofi karena dirinya hanya datang sebagai substitusi Rafael Benitez, maka musim ini hal itu tak boleh lagi terjadi. Real harus lebih stabil sejak awal kompetisi.

Kapten Real Sergio Ramos optimis kalau timnya bisa mengatasi tekanan yang diberikan Barca maupun Atletico. Kepada Goal, pria berusia 30 tahun itu berkata La Liga adalah target selanjutnya. Terakhir kali Real meraih trofi La Liga pada musim 2011-2012 atau empat tahun lalu.

Sementara itu, entrenador Atletico Diego Simeone merasa lebih fokus musim mendatang. Simeone sudah melupakan kepedihan dari kegagalan La Liga juga Liga Champions. Pria yang kerap dipanggil El Cholo tersebut melihat kinerja lini depannya akan semakin garang. Mendapatkan Gameiro yang akan ditunjang Antoine Griezmann akan membuat unit penyerangannya menakutkan.

“Saya menikmati musim bersama Atletico dan tak sabar buat musim baru berlangusng. Kami akan berjuang untuk trofi yang gagal musim lalu didapatkan,” ucap mantan pelatih Catania tersebut. (dra)

Berita Terkait