Masih Ada Cinta Untuk Yaya

Masih Ada Cinta Untuk Yaya

  Senin, 29 Agustus 2016 09:30

Berita Terkait

YANG LALU biarlah berlalu. Yaya Toure sudah tidak perlu lagi khawatir pengalaman di Barcelona enam tahun silam terulang kembali di Manchester City sekarang ini. Sebab di The Citizens – julukan City – mimpi buruk itu sudah berlalu dari gelandang 32 tahun itu. Ya, Guardiola memastikan Toure masuk dalam rencananya musim ini. 

Tidak menjualnya seperti yang banyak dirumorkan media-media Inggris beberapa hari terakhir. ''Saya sudah berbicara dengannya (Toure). Dirinya berkata bahwa dia ingin tetap bertahan di sini. Okay jika dia ingin bertahan di sini, saya senang kalau dia tetap di sini,'' ucap Guardiola dikutip situs resmi klub. 

Sebelum laga melawan West Ham tadi malam WIB, pemain berkewarga negaraan Pantai Gading itu baru sekali mendapatkan minutes play dari Guardiola. Toure mendapat 90 menit pertamanya musim ini saat melawan Steaua Bucharest dalam leg kedua playoff Liga Champions di Etihad, 25 Agustus lalu. 

Guardiola mengungkapkan, Toure masih punya kesempatan menorehkan laga ke-196, 197, dan seterusnya bersama klub milik Sheikh Mansour bin Zayed Al-Nahyan itu. ''Ke depan bakal ada banyak laga yang kami jalani. Setiap pemain layak dimainkan, dan saya tahu seperti apa kualitasnya (Toure),'' tutur Guardiola. 

Lebih lanjut, Guardiola menegaskan bahwa tidak ada like and dislike di balik apa yang sudah dia putuskan ini. ''Kembali lagi, karena saya sangat paham siapa dia. Dan di sini pun saya sudah mengikuti tingkah lakunya sejak pertama datang,'' imbuh pelatih 45 tahun itu. 

Keputusan mempertahankan Toure ini menjadi jawaban dari janji Guardiola satu pekan lalu. Sebelum melawan Steaua, Guardiola berkata bahwa siapa pun pemain yang dimainkan pada pertandingan itu digaransi tetap bertahan dalam komposisi pemainnya di musim ini. 

Dan, hanya Toure pemain yang belum dapat minutes play dan dimainkan dalam laga tersebut. Dalam formasi 4-4-1-1, vice captain City itu bermain di belakang striker Kelechi Iheanacho. ''Dalam 20 menit terakhir menghadapi Steaua, dia bermain sebagai striker dan permainannya pun menakjubkan,'' puji Guardiola. Toure menjalankan peran di posisi nomor sembilan setelah Iheanacho digantikan Fernandinho menit ke-76. 

Sekalipun sudah mendapat garansi selamat dari pengeprasan skuad City sebelum deadline bursa transfer musim panas 31 Agustus nanti, durasi kontrak Toure masih ada di tanggal 30 Juni 2017. Tribalfootball melaporkan bahwa perpanjangan kontrak Toure baru akan dilakukan pada paro musim mendatang. 

Dengan tetap bertahannya Toure, maka pekerjaan rumah besar sudah dihadapkan pada Guardiola. Yaitu mereduksi jumlah pemain non Britania Raya-nya sesuai regulasi yang sudah ditetapkan Premier League. Setiap klub kontestan di Premier League hanya dibolehkan memiliki 17 pemain berpaspor non Britania Raya yang berusia 21 tahun ke atas. 

Sementara, dengan masuknya Claudio Bravo sebagai rekrutan baru City di akhir pekan kemarin menjadikan jumlah pemain non Britania Raya klub tersebut menjadi 20 pemain. Karenanya, harus ada tiga pemain City dari negara di luar Britania Raya yang bersiap-siap untuk mengemasi kopernya dalam dua hari ke depan. Mirror menyatakan, bahwa ketiga pemain yang segera pergi dari Etihad adalah Wilfried Bony, Samir Nasri dan Eliaquim Mangala. (ren)

Berita Terkait