Manus, Sarung Tangan VR Pertama di Dunia

Manus, Sarung Tangan VR Pertama di Dunia

  Sabtu, 12 March 2016 10:37

Berita Terkait

Jakarta - Perkembangan teknologi Virtual Reality (VR) dipastikan tak akan cuma berhanti sampai headset VR. Perusahaan bernama Manus berhasil membuat prototipe sarung tangan VR yang dinamai Manus VR.

Seperti halnya headset VR seperti Oculus atau yang semacamnya, Manus VR juga prinsip kerja yang sama. Pengguna akan bisa merasakan sensasi lingkungan sungguhan dalam nuansa VR. Bedanya Manus VR berguna untuk bisa berinteraksi langsung dengan benda-benda yang ada di dunia VR.

Jadi kalau headset VR mampu mengajak penggunanya menikmati pemandangan dunia VR, maka Manus VR bikin pengguna bisa seakan menyentuh benda-benda yang ada di dimensi VR.

Namun saat ini status Manus VR masih prototipe, yang berarti sepertinya masih cukup lama sampai perangkat ini benar-benar dirilis ke publik. Tapi kalau melihat perkembangan VR yang sudah cukup matang sekarang ini, mungkin pengembangannya tak akan selama Oculus Rift.

Apalagi pembesutnya juga sudah menyiapkan Software Development Kit (SDK) bagi developer game yang tertarik mengusung sarung tangan Manus VR di game garapannya. Menariknya juga, Magnus VR dipastikan bakal kompatibel dengan game-game PC, Google Cardboard, dan Samsung Gear VR.

Pada awalnya Manus VR akan dijual sebagai developer kit untuk studio-studio game. Harganya terbilang menggoda, kabarnya Manus akan menawarkannya senilai USD 250 saja. Adapun penjualannya mulai dilakukan pada kuartal II 2016 mendatang.

Selain Manus VR, sebenarnya ada beberapa perusahaan lain yang juga mengembangkan perangkat serupa. Tapi bisa dibilang yang paling mendekati final adalah Manus VR ini, sehingga pantas kalau sarung tangan VR menyandang gelar pertama di dunia.
(detik.com)

Berita Terkait