Manfaatkan Halaman Rumah

Manfaatkan Halaman Rumah

  Rabu, 16 December 2015 07:35

Berita Terkait

 
TAK punya modal untuk menyewa ruko? Anda bisa menggunakan halaman depan rumah Anda untuk membuka usaha. Seperti yang dilakukan oleh Ahmad (50 tahun) yang memilih membuka depot air minum isi ulang di depan rumahnya, di Kawasan Sungai Jawi Pontianak. Deretan galon-galon memenuhi ruangan tiga kali tiga meter itu.

Usaha air minum isi ulang memang butuh biaya yang tak sedikit. Kebutuhan biaya mencakup tempat dan peralatan dalam proses mengolah air yang higienis. Ini pula yang dialami oleh Ahmad. Modal awal yang keluarkan sekitar dua puluh jutaan rupiah. “Cukup besar modalnya, untungnya dia tidak menyewa ruko, sehingga tidak harus mengeluarkan biaya tambahan. Belum lagi harus menggunakan listrik,” katanya.

Dalam sehari, air yang terjual bisa mencapai  15 hingga 20 galon. Sebab kata dia, pembeli berasal dari masyarakat sekitar saja. “Rata-rata yang membeli disini masyarakat yang tinggal di sekitar sini saja,” ulasnya.Bahan baku dibeli dari Anjungan. Sementara untuk menjamin kebersihan, lanjut dia harus dijaga sebaik mungkin agar konsumen tidak kecewa. Sayangnya, Ahmad tidak menerima layanan pesan antar. “Karena masih baru, jadi belum bisa layanan pesan antar, kecuali kalau masih dekat-dekat sini, biasanya saya yang antar langsung,” tandasnya. (mrd)

 

 

Berita Terkait