Man United vs Midtylland, Menang atau Makin Tenggelam

Man United vs Midtylland, Menang atau Makin Tenggelam

  Kamis, 25 February 2016 08:09
Gambar dari JawaPos

Berita Terkait

MANCHESTER – Tactician Manchester United Louis van Gaal memiliki ’’peluru’’ terakhir buat menyelamatkan reputasinya musim ini. Meski Europa League dikatakan kompetisi kelas dua, faktanya, bermain di kompetisi itulah United saat ini.

Celakanya, kiprah The Red Devils – julukan United – di ajang tersebut pun terancam. Mereka kalah 1-2 oleh tim Denmark Midtjylland pada laga pertama babak 32 besar pekan lalu. Karena itu, tim asuhan Van Gaal harus menang minimal satu gol untuk melenggang ke fase berikutnya.Kekalahan di kandang Midtjylland memberikan United pelajaran. Jangan sekali-kali meremehkan lawan meski berasal dari liga ’’antah berantah’’. Keunggulan materi pemain bukan jaminan.

Beruntung, United punya modal bagus. Yakni, kemenangan 3-0 atas Shrewsbury Town pada babak kelima Piala FA Selasa lalu (23/2). Kemengan tiga gol tanpa balas itu sebenarnya pun masih dicibir. Maklum ,Shrewsbury bukan lawan sepadan buat United. Shrewsbury adalah kontestan League One atau level ketiga kompetisi Inggris. Namun, Van Gaal tetap bangga pada skuadnya. Seperti diberitakan AFP kemarin (24/2), pria 64 tahun itu bisa dengan tenang menghadapi Midtjylland di kandang. “Kami sudah menyaksikan ketangguhan dan kekompakan Midtylland sebagai sebuah tim. Tugas  kami adalah mengalahkan mereka sekarang,” tuturnya.

Kemenangan atas Shrewsbury membawa korban. United kehilangan bek kiri Cameron Borthwick-Jackson yang harus ditarik keluar pada menit ke-49 karena kesakitan setelah terjatuh. “Justru dengan banyaknya pemain cedera, kami lebih mudah menentukan siapa yang akan tampil,” canda Van Gaal seperti diberitakan Sky Sports.

Canda mantan pelatih Ajax, Barcelona, dan Bayern Muenchen itu sebenarnya terdengar satir. Sejauh ini ada sembilan pemain Setan Merah yang cedera. Yakni, Luke Shaw, Adnan Januzaj, Ashley Young, Bastian Schweinsteiger, Phil Jones, Marouane Fellaini, Wayne Rooney, Will Keane, dan Matteo Darmian.

Selain itu, ada enam pemain lain yang kondisinya meragukan. Mereka adalah Antonio Valencia, Marcos Rojo, Borthwick-Jackson, Jesse Lingard, Chris Smalling, dan David De Gea. Dari hasil evaluasi kekalahan di leg pertama, Van Gaal mengatakan serangan balik dari sayap oleh Midtylland harus distop. Untuk itu, para bek sayap United harus bermain lebih disiplin serta ngeyel dalam menjaga para pemain Midtylland.

Dengan kekalahan 1-2 di Herning lalu, modal satu gol away United sangat berarti. Cukup 1-0 saja, maka United akan maju ke 16 besar Europa League.Sementara itu, pelatih Midtylland Jess Thorup meyakini masih ada keajaiban bagi skuadnya. Asalkan barisan pertahanan bisa rapi dan disiplin, Midtylland bisa mewujudkan mimpi mereka.“Mengalahkan United adalah mimpi terbesar kami. Jika sampai menyingkirkan United, kami menorehkan sejarah terbesar buat klub kami,” tutur Thorup seperti diberitakan UEFA. (dra/ca)

Berita Terkait