Man City vs B M’Gladbach , Upaya Menghindari Mimpi Buruk

Man City vs B M’Gladbach , Upaya Menghindari Mimpi Buruk

  Selasa, 8 December 2015 16:57

Berita Terkait

MANCHESTER - Tiket 16 Besar selalu menjadi tiket terakhir Manchester City di dalam Liga Champions dua musim terakhir. Tren tersebut bisa berakhir musim ini. Syaratnya, di fase grup ini The Citizens harus mengakhiri persaingannya dengan Juventus sebagai klub pemuncak klasemen.

            Mengalahkan Borussia Moenchengladbach di Etihad, Manchester, dini hari nanti akan jadi kuncinya. Menang atas Gladbach, sambil berharap Juventus terkapar di Ramon Sanchez Pizjuan - kandang Sevilla - maka City besar kansnya terhindar dari batu besar di 16 Besar.

            Batu besar itu maksudnya adalah klub dengan tradisi panjang di Liga Champions, sebut saja Real Madrid, Barcelona, dan Bayern Muenchen. Ketiganya sudah menunggu di fase 16 Besar sebagai juara grup. “Karena finish di peringkat kedua itu bagaikan mimpi buruk,” ujar pelatih City, Manuel Pellegrini sebagaimana dikutip dari AFP.

            Mimpi buruk, karena pada dua edisi terakhir City selalu terganjal langkahnya dari batu besar bernama Barcelona. Pada edisi 2014-2015 lalu, City kalah agregat 1-3 atas La Blaugrana -julukan Barca. Semusim sebelumnya, agregat 1-4 menjadi akhir perjuangan City.

            Hanya, untuk mendapatkan kemenangan itu tidak mudah. Lawan pertama yang harus dikalahkan City adalah kebugaran pemainnya. Sebab, City hanya berkekuatan 13 pemain yang kondisinya fully fit. Badai cedera menghabisi kekuatan klub milik Sheikh Mansour itu.

       Terakhir, Fernando yang tersingkir karena cedera hamstring pasca tumbang di Britannia atas tuan rumah Stoke, akhir pekan kemarin (5/12). Absennya Fernando itu melengkapi kehilangan City setelah ditinggalkan kapten tim Vincent Kompany dan bomber Sergio Aguero yang juga cedera.

       “Saya selalu mengatakan, tim ini tidak tergantung dari satu atau dua pemain,” ucapnya. Pellegrini mengharapkan tuahh sentuhan David Silva sudah mulai muncul lagi di lini tengah City. “Dia dapat mengubah tempo pertandingan, akurasi passing-nya pun sangat kami butuhkan,” lanjutnya.

       Silva akan bekerja sama dengan Raheem Sterling dan Kevin De Bruyne untuk mendukung Wilfried Bony. Statusnya sebagai klub paling agresif di Grup D pun akan digantungkan dari performa keempat pemain itu. Hanya, yang patut diingat Gladbach baru saja mengalahkan Bayern Muenchen untuk pertama kalinya musim ini (5/12).

       Bayern yang juga klub berkarakter menyerang seperti City diredam dengan skor 3-1. Apa rahasianya? Kekuatan defense jadi kuncinya. Strategi Andre Schubert dengan menempatkan lima pemain bertahan sejajar. Dengan strategi itu, Die Fohlen -julukan Gladbach-kebobolan tujuh gol dari lima laga terakhir.

       Artinya, dalam setiap laganya mereka hanya kebobolan 1,4 gol. Kepada situs resmi Bundesliga, gelandang Fabian Johnson menyebut timnya akan bermain nothing to lose. Sama seperti melawan Bayern, tidak ada yang tidak mungkin di depan Gladbach. “Kami masih ingin berada di Europa League pada Tahun Baru nanti,” ungkap pemain berkebangsaan AS itu. Gladbach hanya terpaut 2 angka dari Sevilla yang ada di posisi keempat.

       Saat meredam Bayern, para penggawa Gladbach memilih menunggu kelengahan Bayern dalam menyerang. Transisi dari menyerang ke bertahan yang lambat itu akan jadi bidikannya. Sekedar diketahui, transisi dari menyerang ke bertahan itu yang kerap jadi biang kekalahan City.

       Terutama dengan lambatnya pergerakan Yaya Toure. “Momen itu akan kami tunggu. Kemarin kami sudah sukses melakukannya (melawan Bayern, Red). Besok kami akan mengulanginya saat melawan City, kami berikan 100 persen untuk itu,” tegasnya. (ren)

 

 

Perkiraan Susunan Pemain

 

Man City (4-2-3-1): 1-Hart (pg); 3-Sagna, 30-Otamendi, 26-Demichelis, 11-Kolarov; 25-Fernandinho, 18-Delph; 17-De Bruyne, 21-Silva, 7-Sterling; 14-Bony

 

Pelatih: Manuel Pellegrini

 

 

B M;Gladbach (5-4-1): 1-Sommer (pg); 27-Korb, 30-Elvedi, 3-Christensen, 6-Nordtveit, 17-Wendt; 11-Raffael, 34-Xhaka, 8-Dahoud, 19-Johnson; 13-Stindl

 

Pelatih: Andre Schubert

 

 

 

Wasit   : Danny Makkelie (Belanda)

Stadion: Etihad, Manchester

Live : (Quad Sport (Orange TV) pukul 02.45 WIB)

 

 

Berita Terkait