Mampu Tampung 20 Roda Empat dan 30 Roda Enam

Mampu Tampung 20 Roda Empat dan 30 Roda Enam

  Senin, 15 Agustus 2016 09:06
BERLAYAR: KM Lestari Maju terlihat sedang melaju, berlayar dari Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya menuju Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara. ISTIMEWA

Berita Terkait

 
Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang memiliki tiga lantai kini menjadi pilihan utama bagi sopir kendaraan roda empat dan enam yang pulang atau pergi dari Pelabuhan Teluk Batang menuju Dermaga Rasau Jaya di Kabupaten Kubu Raya, maupun sebaliknya. Telah sepekan kapal berbobot besar tersebut beroperasi mulai 9 Agustus lalu.

DANANG PRASETYO, Teluk Batang

MENGENAI hal ini, Bagian Marketing KM Lestari Maju, Hua, menjelaskan bagaimana ketika mereka memulai operasi perdana sekitar pekan lalu, para penumpang mereka belum begitu ramai. Namun, seiring berjalannya hari, hingga saat ini, penumpang pun diakui dia mulai bertambah ramai. “Pada awalnya memang masih sepi. Mungkin banyak yang belum tahu. Tapi sekarang sudah mulai ramai penumpangnya,” katanya, Minggu (14/8).

Selain memiliki kapasitas yang memadai, dijelaskan Hua lagi, pengelola KM Lestari Maju berkomitmen mengutamakan keselamatan dan kenyamanan bagi para penumpang. Dengan prinsip tersebut, ia yakin kalau KM Lestari Maju akan menjadi pilihan utama bagi para penumpang. “Keselamatan dan kenyamanan adalah komitmen kita. Sebab dua hal ini sangat penting bagi kami selaku pengelola dan khususnya bagi para penumpang, bagi kami penumpang adalah tamu,” terangnya.

Hua menambahkan, saat berangkat pihaknya menyediakan makanan ringan. Begitu pula ketika akan sampai ke tempat tujuan. “Kita juga menyediakan minuman kacang hijau ketika akan berangkat, dan saat sampai ke tempat tujuan kita kasi minuman kopi supaya tidak ngantuk,” ucapnya.

Terpisah, salah seorang sopir kendaraan roda empat, Abdul Hamid, mengaku puas atas pelayanan KM Lestari Maju. Selain fasilitas kapal yang memadai, pelayanannya pun, diakui dia, juga cukup memuaskan. “Dari sekian banyak kapal, baru kali ini pelayanannya cukup baik. Kondisi kapal juga melebar sehingga terasa luas,” terangnya.

Sebelumnya, owner KM Lestari Maju, Hendra Wiyono, menjelaskan, jika mereka mampu menampung kendaraan dengan kapasitas 20 unit roda empat dan 30 unit roda enam. Sedangkan untuk kendaraan roda dua, mereka belum dapat melayani, sebab izin yang dimiliki hanya khusus roda empat berupa mobil dan roda enam atau truk.

“Untuk biaya tiket, kita sama dengan yang lain, mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar. Karena usaha kami ini baru, kami belum bisa memberikan discount karena ada aturannya, tapi kalau memang diizinkan kita akan beri discount dalam waktu tertentu,” janjinya.

Untuk memudahkan penumpang, KM Lestari Maju membuka loket di Pelabuhan Rasau Jaya dan juga Teluk Batang. Penumpang juga bisa mebghubungi nomor marketing di 08125612050, 081250343621 dan 081250292087.

Mengenai hal ini, sebelum beroperasi, KM Lestari Maju tentunya telah mengantongi izin resmi dari pemerintah. (*)

Berita Terkait