Mampu Raup Laba dari Si Meong

Mampu Raup Laba dari Si Meong

  Kamis, 24 March 2016 17:15
PERAWATAN KUCING: Riska merapikan bulu kucing milik konsumennya kemarin. Riska menerima jasa perawatan khusus kucing di Kota Pontianak. SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Memelihara kucing tidak hanya sekedar hobi. Justru bisa mendatangkan uang. Caranya membuka gerai perawatan kucing. Seperti yang dilakukan Riska Handayani Silalahi.

Ramses L Tobing

GERAI milik Riska terletak di Jalan Alianyang, Pontianak Kota. Baru tiga bulan gerai Hello Cat Treatment  ini buka. “Sebelumnya di area perumahan. Banyaknya permintaan pelanggan, akhirnya buka di tempat yang lebih strategis,” kata Riska, saat ditemui wartawan koran ini.

Kecintaan terhadap kucing yang mengantarkan dirinya membuka usaha ini. Faktanya, ada 17 ekor kucing yang dipelihara. Tiga ekor kucing rumahan, dan 14 kucing ras. Terhitung usaha ini sudah jalan. Mulai sejak tahun 2012. Berada di areal perumahan tidak membuat usaha ini sepi dari pelanggan. Baru buka saja, konsumen yang masuk ada delapan orang.

Riska menyebutkan promosi dilakukan dalam berbagai bentuk untuk mengenalkan Hello Cat Treatment. Mulai dari bekerjasama dengan Pet Shop sembari menitipkan kartu nama. Lalu menggunakan media sosial, hingga cara konvensional yakni dari mulut ke mulut.

Perlahan-lahan Hello Cat Treatment semakin dikenal. Sebab, pencinta hewan lucu untuk ukuran Kota Pontianak ini cukup banyak. Apalagi untuk kucing ras. Yang awalnya seorang diri menjalankan usaha ini, kini dia sudah memiliki dua karyawan.

Riska mengakui tidak hanya dirinya yang menggeluti usaha serupa. Ada beberapa owner lainnya. Namun wanita yang bekerja di perbankan ini tidak merasakan persaingan bisnis.

Sebab, para pengusaha lainnya masih mengembangkan ini menjadi usaha rumahan. “Mereka lebih banyak di medsos dan berkonsep di rumah. Berbeda dengan saya. Dari rumahan kemudian buka toko khusus,” kata dia.

Namun Riska tidak setiap hari tokonya kebanjiran pelanggan. Jika memang sedang sepi, hanya satu hingga dua konsumen saja. Namun jika sedang ramai, bisa sampai 17 konsumen.

Alhasil pengerjaan pun memakan waktu cukup lama. Dari pukul 08.00 hingga 16.00 wib. Jika kewalahan, mau tak mau Riska harus menambah karyawan freelance. Karena itulah, Riska berkeinginan mengembangkan konsep usaha yang lebih besar. Tidak hanya menyediakan jasa perawatan bagi hewan lucu ini, tapi juga tempat bersantai bagi pemiliknya.

Keinginannya mengembangkan itu karena melihat pangsa pasar. Sekelas Pontianak peluang usaha ini cukup menarik. Sebab, banyak orang yang tidak memiliki waktu merawat hewan peliharaannya. Alasan yang menguatkan karena tingkat kesibukan kerja yang cukup tinggi.

 

Riska menyebutkan biaya perawatan satu ekor kucing Rp80 ribu hingga Rp150 ribu. Semakin rumit perawatan maka biaya perawatan semakin mahal. Tingkat kerumitan itu dilihat dari masalah yang dihadapi kucing.

“Semakin rumit maka semakin mahal, karena waktu yang diperlukan juga lebih lama. Sayangnya, kebanyakan konsumen belum paham jadi harus dijelaskan dengan baik,” ujar dia.

Menariknya Riska tidak hanya menawarkan jasa perawatan untuk kucing. Tapi juga untuk hewan peliharaan yang jinak seperti anjing. Jika tertarik, anda bisa menggunakan Hello Cat Treatment. (*)

 

 

 

 

Berita Terkait