Maling Kabel Tower Diringkus

Maling Kabel Tower Diringkus

  Jumat, 26 Agustus 2016 09:30
ilustrasi

Berita Terkait

SAMBAS - Polres Sambas mengamankan D (27) yang diduga sebagai pelaku pencurian kabel power di tower Jalan Perum Sebangkau, Desa Sebatuan Kecamatan Pemangkat, Rabu (24/8) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadiprabowo melalui Kasatreskrim, AKP Eko Mardiyanto SIK pihaknya, Rabu (24/8) sekitar 13.00 WIB telah menerima laporan terjadinya pencurian kabel di area tower Desa Sebatuan, Kecamatan Pemangkat.

“Setelah ditindaklanjuti beberapa jam setelahnya, kami mengamankan D. Sebab, berdasarkan olah TKP, keterangan saksi serta barang bukti lainnya diduga dia sebagai pelakunya,” kata Kasatreskrim, Kamis (25/8).

Bahkan, dari pengembangan kasus di Pemangkat ini, pelaku sudah beberapa kali melakukan kejahatan yang sama. Diantaranya ada empat tempat kejadian perkara (TKP) di wilayah hukum Singkawang.

“Hasil pengembangan, pelaku ini juga pernah melakukan hal sama di Singkawang di empat lokasi. Dan jajarna Polres Sambas telah berkoordinasi dengan Polres Singkawang melalui Kasatreskrimnya,” katanya.

Dalam kasus yang ditangani saat ini, D didakwa melanggar Pasal 363 ayat 1 huruf 5e KUHP. Petugas kepolisian telah memintai keterangan terhadap dua saksi. Kemudian mengamankan Barang bukti, diantaranya satu unit sepeda motor merek yamaha Mio warna Biru, satu buah gunting besi, Satu buah tang, Satu buah cutter  (pisau), satu buah besi gagang warna kuning, satu besi potongan panjang, satu box ventilasi shelter

perangkat.

Kemudian satu buah gembok yang sudah rusak, empat gulungan kecil kuningan, kabel power yang terdiri dari satu potongan dengan panjang 2,70 meter, satu potongan panjang 3,60 Meter dan satu potongan dengan panjang 3,30 meter.

Berdasarkan keterangan dari para saksi, pelapor serta pelaku. Rabu (24/8) sekitar D memanjat pagar tower. Setelah berhasil masuk, D membongkar Paving Blok dan memotong Kabel Power yang ada di bawahnya dengan menggunakan gunting besi.

“D ini memang sudah menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti

gunting besi,” katanya.

Setelah berhasil mengambil sekitar sembilan meter kabel power. D kemudian memotong menjadi tiga bagian, agar mudah dibawa. D lalu menjual dengan harga Rp175 ribu untuk tiga kilogram.

“Duit tersebut digunakan untuk membeli gunting besi,” katanya.

Saat hendak membuka bungkusan kabel dengan gunting yang baru saja dibelinya. Atau sektiar Pukul 14.00 WIB, D didatangi petugas polisi dan langsung diamankan. (fah)

Berita Terkait