Malika Nyalon Walikota

Malika Nyalon Walikota

  Senin, 19 September 2016 09:30

Berita Terkait

SINGKAWANG--Istri Walikota Singkawang Malika Awang Ishak menyalonkan diri Pilkada Singkawang. Bahkan, Malika maju sebagai Walikota. Malika sudah siap menjadi Wali Kota Singkawang melanjutkan visi dan misi sang suami Awang Ishak.

"Saya siap maju jadi calon walikota. Saya nyalon bukan cari duit tapi melanjutkan visi misi yang sudah ada saya siap maju untuk melanjutkan visi misi itu," tegas Malika.

Malika mengaku, sudah mendapat rekomendasi dari DPD Golkar. Hanya saja, Malika masih enggan menyebutkan siapa pasangannya dalam perhelatan Pilwako kelak.

"Yang jelas inisial kami MAS. Dan ada empat orang dibelakangnya. Bisa Asyir, Suriadi, Suriandi, atau Ashari," sebut Malika.

Sementara itu sang suami Awang Ishak yang juga Walikota Singkawang menyatakan siap mendukung sang istrinya maju pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2017 kelak, guna melanjutkan visi misinya yang belum terselesaikan selama dirinya menjabat.  "Salah satunya adalah pembangunan Bandara," kata Awang. Jika Wali Kotanya berganti, kata Awang, dikhawatirkan pembangunan Bandara akan terhenti.

"Saya tidak mau seperti itu, seperti sebelum-sebelumnya," ujarnya.

Selain soal bandara, kata dia, program air bersih. Menurutnya, Singkawang harus punya air bersih. Singkawang harus indah, bersih, hijau, punya fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas untuk PKL yang bagus.  Awang menilai, selama dirinya menjabat sebagai Wali Kota, Singkawang banyak perubahan. Agar pembangunan yang sudah ada bisa berlanjut, maka Awang sangat mendukung istrinya untuk maju pada Pilwako kelak. "Kepada masyarakat Singkawang, pilihlah pemimpin yang bisa melanjutkan program-program itu," pintanya.

Awang berjanji, meskipun istrinya nanti diberi kepercayaan untuk memimpin, dirinya tidak akan menggunakan fasilitas negara.

"Buktinya sekarang saja saya tidak menggunakan fasilitas negara, salah satunya rumah. Jadi jangan di balik-balik omongan pak Awang," ungkapnya.

Sementara itu, beradar kabar di media sosial, bahwa Malika akan berpasangan dengan Suriadi dimana pasangan Walikota dan Wakil Walikota Singkawang ini digadang gadang akan diusung ini Golkar, PKPI dan PPP.

Terpisah, Ketua DPD Partai Golkar Kota Singkawang , Iwan Gunawan mengatakan informasi yang ia terima seperti itu namun hingga kini pihaknya belum mendapat surat pemberitahuan resmi dari DPP golkar di Jakarta.

"Saya dapat informasi seperti itu," ungkap pria murah senyum ini kepada Pontianak Post.

Ia menegaskan bahwa penetapan siapa siapa yang akan diusung Golkar pada perhelatan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Singkawang Tahun 2017 sepenuhnya kewenangan DPP Golkar di Jakarta.

"Kalau DPD Golkar Singkawang wewenang nya hanya menjaring kemudian menetapkan lima sampai sepuluh bakal calon ke DPD Golkar Provinsi," katanya.

Selanjutnya, tambah Iwan, DPD Golkar Provinsi Kalbar menetapkan tiga sampai lima balon ke DPP Golkar di Jakarta. "Diantara tiga sampai lima balon yang diusulkan memang ada nama Ibu Malika, dan selanjutnya DPP golkar menetapkan satu nama yang akan diusung Golkar," katanya.

Tentu saja, kata dia, apa yang disampaikan semua diatur mekanismenya dalam Juklak Pilkada di internal Golkar.

Namun ia juga menyampaikan bahwa hingga kini belum ada pemberitahuan resmi akan hal tersebut.

"Belum," ungkap Iwan singkat. Jika memang informasi diterimanya benar adanya bahwa DPP Golkar merekomendasikan Ibu Malika atau siapapun maka DPD Golkar siap mendukung. "Jelas itu. Apapun keputusan DPP Golkar kita jalankan, karena segala peraturan yang menjadi keputusan baik tertuang dalam peraturan organisasi maupun juklak adalah hukum yang berlaku dalam internal partai.

"Saya hanya berani melawan DPP jika hukum itu dilanggar," pungkasnya. (har)

Berita Terkait