Malika Bersama Warga Bersihkan Selokan

Malika Bersama Warga Bersihkan Selokan

  Sabtu, 22 Oktober 2016 09:17

Berita Terkait

Wujudkan Singkawang Bersih

SINGKAWANG--Bersama warga, bakal calon Wali Kota Singkawang Tjhai Nyit Khim, SH melakukan kerja bhakti bersih-bersih selokan di wilayah Jalan Yos Sudarso dan Gang Parit Ketapang, Kamis (20/10).

Dibantu petugas kebersihan dan BPKS Dwi Tunggal, tokoh masyarakat, serta warga sekitar mereka menyusuri membersihkan selokan yang tersumbat sampah.

"Kegiatan ini secara sukarela kami lakukan agar fungsi selokan kembali normal, dan dalam rangka meningkatkan kecintaan kita bersama akan lingkungan tempat tinggal," ungkapnya kepada Pontianak Post kemarin.

Selain meningkatkan sadar lingkungan, diharapkan bersih selokan ini menjadi budaya agar dapat mengurangi banjir terutama jika turun hujan. Oleh sebab itu jika diberi amanah memimpin kota Singkawang program normalisasi sungai dan selokan menjadi prioritas. Selain itu, kata Malika Awang Ishak ini, perlu dibuatnya aturan terkait peduli kebersihan lingkungan. "Kalau selokan bersih dan tak tersumbat maka lingkungan terselamatkan dari genangan air," katanya.

Jika sudah demikian, lanjut Malika, warga tidak repot-repot lagi menghadapi banjir dan meringankan kerja petugas kebersihan. Tak sekedar sampah di selokan saja perlu diperhatikan, Malika juga ingin bagaimana sampah menjadi uang. "Ini program saya nantinya jika terpilih, bagaimana sampah menjadi uang," katanya.

Selain memberikan kontribusi positif, upaya menjadikan sampah menjadi hal berguna akan mengurangi limbah rumah tangga menjadi ekonomis. "Jika sampah menjadi uang, lingkungan bersih maka bisa menghemat APBD. Sehingga APBD bisa digunakan untuk hal-hal besar seperti normalisasi sungai,"ungkapnya.

Untuk itu tak bosan-bosan, Malika mengimbau warga agar mencintai lingkungannya mulai dari lingkungan rumah, lingkungan RT, kelurahan hingga kota secara umum. "Karena dari hal sekitar rumah kita maka bisa mencegah hal hal seperti antisipasi banjir, terhindar penyakit jika lingkungan bersih, saya mengajak kita semua agar budaya hidup bersih harus menjadi keseharian," ajaknya. (har)

 

 

Berita Terkait