Malaysia Deportasi Ratusan Pekerja Indonesia

Malaysia Deportasi Ratusan Pekerja Indonesia

  Senin, 27 June 2016 09:30
DIDATA: Petugas sedang mendata tenaga kerja Indonesia yang baru saja dideportasi dari Malaysia, Sabtu (26/6). AGUS PUJIANTO/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PONTIANAK – Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah kembali dideportasi Imigrasi Malaysia, Sabtu (26/6) malam. Data kedatangan imigran sempat membingungkan petugas Dinsos yang menerima TKI, sebab yang datang melebih data yang ada di surat resmi deportasi. 

“Justru ini yang harus kita lihat, kenapa ada perbedaan (jumlah TKI yang datang red),” kata Heriyanto, Kepala Seksi Bantuan dan Jaminan Sosial, Dinsos Kalbar.

Dijelaskan dia, sesuai dari data BP4TKI, ada 103 orang yang terdiri dari 99 laki-laki dan 4 perempuan. Akan tetapi, saat tiba di Dinsos Kalbar, yang daatang hanya 101 yang terdiri dari warga Kalar sebanyak 44 orang dan luar Kalbar 57 orang. 

“Kemudian data dari Konjen itu ada 95 orang. Jadi ada kelebihan 6 orang. Besok pagi akan kita data ulang. Karena 6 orang itu siapa-siapa kan kita ada data dan nama dari konjen. Berarti di luar nama yang dari konjen itu, kenapa bisa ada data selisih,” ujar Heriyanto bingung.
 
Menurut dia, adanya perbedaan angka TKI yang dipulangkan ini akan dia sisir. Sebab, Dinsos kerap kali ditegur oleh Kementrian. “Justru ini yang harus kita lihat, kenapa ada perbedaan. Karena kita beberapa kali ditegur. Data dari konjen kan langsung ke kementrian, itu jumlahnya harusnya sama, tapi kenapa lalu ada perbedaan. Ini akan kita sisir,” tegasnya. 

Dipaparkan dia, untuk Kalbar akan dipulangkan ke alamat masing-masing. Begitu juga dengan yang dari luar Kalbar. Akan tetapi pemulangannya menunggu jadwal kapal Pelni. 

“Sembari menunggu, kami juga memberikan pengarahan dan pemahamanan ke mereka, agar jangan kembali lagi ke sana (Malaysia),” katanya. (Gus)

 

Berita Terkait