Malam Ini Singkawang Bercahaya, Festival Lampion CGM Digulirkan

Malam Ini Singkawang Bercahaya, Festival Lampion CGM Digulirkan

  Sabtu, 20 February 2016 10:24
LAMPION: Pesta Lampion yang dilaksanakan malam ini akan menurunkan 100 peserta. Gambar atas, beberapa kreasi lampion yang dibuat peserta pada festival Cap Go Meh di Singkawang setahun lalu. SHANDO SAFELA/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SINGKAWANG- Selama pelaksanaan pawai lampion Sabtu (20/2) malam ini arus lalu lintas dari Pontianak ke Sambas dan sebaliknya, diarahkan ke Jalan Tani."Jalan Tani akan digunakan sebagai akses keluar masuk arah Pontianak - Sambas serta sebaliknya. Dan kita akan amankan demi kelancarannya," kata Iptu Fauzan, Kasat Lantas Polres Singkawang.Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan. Selain membuka maupun menutup beberapa akses jalan selama kegiatan tersebut.

Sesuai rute, pawai Lampion (yang menggunakan kendaraan) mengambil start di Singkawang Grand Mall (SGM) Jalan Alianyang.Kemudian masuk ke Jalan Firdaus 1, Diponegoro, Budi Utomo, Nusantara, Jenderal Sudirman, Kalimantan, Setia Budi, Hasan Saad, Jl Kepol Mahmud, GM Situt, Yohana Godang, dan finis di SGM.Sementara, bagi pawai jalan kaki. Finishnya di Jalan Kepol Mahmud.

"Ada dua finish, yakni untuk pawai jalan kaki yakni di Kepol Mahmud. Dan untuk pawai menggunakan kendaraan berakhir di SGM," katanya.Selain rekayasa dilakukan pada Pawai Lampion. Satlantas juga telah menyiapkan untuk Pawai Tatung. Ada beberapa ruas jalan yang dilakukan penutupan.Pawai Tatung, sebutnya, mengambil titik start di Jalan Kalimantan, ke Jalan Setia Budi yang juga telah didirikan panggung Kehormatan."Setelah melewati panggung, peserta pawai,  akan diarahkan ke Jalan Bawal, Jalan Niaga, dan berakhir di perempatan tugu naga dimana posisi Altar didirikan," katanya.

Saat pawai berlangsung. Jalan Jenderal Sudirman hingga lampu merah Pasar Roban akan di tutup. Kendaraan dari Bengkayang yang akan ke Pontianak. Diarahkan ke Jalan KS Tubun. Kemudian kendaraan dari Bengkayang ke Sambas, akan menggunakan Jalan Veteran, MAN Model ataupun Brigif. Namun untuk kendaraan roda enam, dilarang melewati Brigif.Penutupan jalan juga dilakukan di perempatan Sekip Lama dan Jalan Merdeka atau penutupan tepatnya dilakukan di depan Toko Manila.

Sehingga kendaraan dari Jalan Yos Sudarso ke arah pasar. Dialihkan ke Jalan Mesjid ke Jembatan Agen 2. Kemudian kendaraan dari Jalan Syafiudin, dilarang menuju ke Jalan Diponegoro dan diarahkan ke Jalan Hermansyah. Juga kendaraan dari Hotel Mahkota, akan diarahkan ke Jalan Hermansyah. Lantaran, Jalan Diponegoro (Pasar) sampai Jalan Budi Utomo, digunakan untuk untuk tamu VIP.

Seratus Peserta

Pawai lampion ini diikuti seratus peserta. Baik itu pawai jalan kaki maupun menggunakan mobil hias. "Seratus peserta, siap meramaikan Pawai Lampion yang akan dilaksanakan Sabtu," kata Panitia Pelaksana Pawai Lampion Singkawang, Samson.Menurutnya, pawai Lampion akan dimulai pada pukul 19.00 WIB, dengan mengambil titik start di Halaman Singkawang Grand Mall.Panitia telah menyiapkan hadiah kepada mobil hias terbaik saat pelaksanaan Pawai. Selain dari unsur pemerintah, kegiatan tersebut diantaranya diikuti kelompok tatung yang akan turun saat Pawai Tatung.

Kelompok tatung Datuk Kurata misalnya. Dikatakan Cong Bui Khiong, pihaknya selain mempersiapkan turun saat Pawai Tatung. Juga siap untuk turun saat Pawai Lampion."Kita sudah siapkan kendaraan mobil untuk ikut pawai lampion," kata Cong Bui Khong.Ajung, juga menyebutkan hal sama. Dirinya juga telah menyiapkan mobil tuanya untuk ikut dalam pawai lampion. Selain itu berbagai hiasan dipersiapkan. Ajung pun tak lupa membawa beberapa barang antik saat pawai. (fah)

Berita Terkait