Malam Hari, Asap Makin Pekat, Mata Perih dan Dada Terasa Sesak

Malam Hari, Asap Makin Pekat, Mata Perih dan Dada Terasa Sesak

  Sabtu, 20 Agustus 2016 21:58

Berita Terkait

KABUT asap pada malam hari semakin pekat. Kebakaran lahan di kawasan Sungai Raya Dalam menyebabkan suasana malam hari tidak terasa enak. Mereka yang menggunakan sepeda motor merasakan perih pada mata. Dada juga terasa sesak. Akibatnya banyak warga mengurungkan niat bepergian pada malam hari.

Kabut asap tidak hanya di jalan atau tempat terbuka. Asap telah masuk hingga ke dalam rumah. Warga semakin cemas jika dalam beberapa hari ini tidak turun hujan, kabut asap semakin tebal sehingga mengganggu kesehatan dan aktivitas lainnya.

“Pemerintah harus mengambil tindakan segera,” kata Ruslan, warga Sungai Raya Dalam. Dalam kondisi kemarau seperti ini, upaya memadamkan api seakan menjadi pekerjaan sia-sia. Lahan gambut yang terbakar bukan hanya pada permukaan saja tetapi telah sampai pada bagian bawah. Kedalam gambut bisa sampai delapan meter. Upaya pemadaman hanya membasahi permukaan. Sehingga tak lama kemudian, api kembali menyala.

Sudah saatnya pemerintah provinsi minta bantuan pusat untuk melaksanakan hujan buatan. Hujan sangat efektif mengatasi kebakaran lahan gambut ini. Namun biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.**

Berita Terkait