Majukan Pertanian, Ria Norsan Siap Datangkan Ahli

Majukan Pertanian, Ria Norsan Siap Datangkan Ahli

  Rabu, 14 March 2018 11:00

Berita Terkait

Pasangan Cagub dan Cawagub Kalbar nomor urut tiga, Midji-Norsan, Saat Bersilaturahmi Dengan Para Petani

PONTIANAK – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga, Sutarmidji dan Ria Norsan berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian di Kalbar. Untuk itu, pasangan ini siap membangun BUMDes, mendatangkan tenaga ahli dan alat-alat modern, serta menerapkan inovasi teknologi guna membantu petani. 

"Kita akan datangkan ahli pertanian untuk membantu mendongkrak pertanian Kalimantan Barat. Harus ada orang yang ahli di bidang pertanian untuk membagi ilmu dengan para petani lokal Kalimantan Barat," ungkap Ria Norsan.

Ia juga memberikan tips kepada petani padi. Menurutnya, padi setahun bisa tiga kali panen sehingga harus diberikan jeda dengan menanam palawija agar tekstur tanah tetap baik dan hasilnya pun teratur.

"Jika saya dan Pak Sutarmidji terpilih maka pertanian akan ditingkatkan. Kami akan bangun BUMDes, datangkan tenaga ahli pertanian dan juga akan menggunakan alat-alat pertanian yang modern dengan tujuan agar pertanian Kalbar meningkat," jelasnya.

Di samping itu, Pasangan Sutarmidji dan Ria Norsan juga telah menyiapkan inovasi dalam bidang pertanian berupa aplikasi Goverment Smart City and Landmark (Gencil). Aplikasi ini dapat diunduh dari Google Playstore di telepon pintar petani Kalbar. Gencil berfungsi untuk memantau harga pangan, dan kebutuhan pokok lainnya.

Calon Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan, dengan menggunakan aplikasi Gencil, petani akan lebih mudah mengetahui kenaikan harga pangan dan kebutuhan lainnya. Dengan aplikasi ini, daya saing petani juga akan meningkat. 

“Kita sudah siapkan aplikasi Gencil untuk mengetahui harga pangan dan kebutuhan pokok lainnya. Hal ini berguna untuk petani dapat mengetahui dan memantau langsung harga kebutuhan pokok. Seperti, beras, bawang, sayur dan buah-buahan,” jelas Sutarmidji.

Menurutnya, aplikasi Gencil akan bersinergi dengan BUMdes agar perkembangan harga bibit unggul dan kebutuhan pokok juga dapat dipantau dengan baik. “Kita sinergikan Aplikasi Gencil dengan BUMDes. Sekarang sudah berjalan. Masyarakat dan petani bisa langsung mengaksesnya untuk mengetahui perkembangan harga kebutuhan pokok terbaru,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, mantan Bupati Sambas periode 2011 – 2016, Juliarti merespon positif inovasi dan terobosan yang dilakukan. Sosok Sutarmidji yang inovatif, menurutnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalbar. 

"Saya yakin Sutarmidji akan meningkatkan kesejahteraan di Kalbar. Sosoknya yang inovatif dapat menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik. Saya rasa Sutarmidji layak memimpin Kalbar. Karena tidak ada pilihan lain, Sutarmidji berprestasi dan terbukti kinerjanya. Tidak ada yang menandingi kalau soal itu," jelasnya.(*)

Berita Terkait