Majelis Taklim Ngaji Bersama dan Peringati Maulid Nabi

Majelis Taklim Ngaji Bersama dan Peringati Maulid Nabi

  Sabtu, 26 December 2015 10:08
HARYADI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK--Ibu-ibu pengajian dari berbagai majelis taklim di Kota Pontianak berkumpul bersama dalam Pengajian Alquran dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, bertempat di aula rumah dinas Wakil Wali Kota Pontianak, Jumat (25/12). Pengajian itu merupakan agenda rutin Dewan Masjid Indonesia Kota Pontianak dengan pelaksananya bidang pemberdayaan perempuan.

“Kegiatan ini sudah kali ke tiga kita lakukan. Perdananya di awal Oktober lalu. Ini merupakan salah satu agenda rutin Dewan Masjid Indonesia (DMI),” ucap koordinator Bidang Pemberdayaan Perempuan, DMI Pontianak, Syarifah Azizah Elsi kepada Pontianak Post.

Pesertanya merupakan ibu-ibu pengajian dari majelis taklim di Kota Pontianak. Itu memang tujuan DMI Pontianak, yaitu merangkul semua majelis taklim Pontianak dengan salah satu agendanya ini yaitu pengajian. Pihaknya juga akan melakukan pendataan majelis taklim di Pontianak, karena hingga kini pihaknya masih melakukan pendataan majelis taklim, khususnya pada wilayah tepian Sungai Kapuas.

Dalam rangkaian acara ini diungkapkan diisi dengan tadarusan bersama dengan melantunkan satu ayat suci Al Quran sebanyak satu juz, karena ini memang ciri khasnya. “Momentum hari ibu dan maulid nabi juga kita selipkan di acara ini,” tukasnya.

Banyak hal positif dari kegiatan ini, diantaranya menjalin ukuwah islamiyah khususnya bagi semua majelis taklim Pontianak, lalu apapun informasi terkait dengan pembinaan umat islam, mudah-mudahan sumbernya ada di sini dengan harapan agar ke deoan menjadi sentral informasi.

Selain diisi ceramah disampaikan oleh Ustaz Didik Nurharis, pihaknya juga melibatkan kelompok kesenian kasidah dari beberapa kecamatan bekerjasama dengan BKMT daerah dan gerakan muslimah Indonesia. Sehingga dari ajang ini dapat menampilkan potensi mereka. Di akhir acara, bagi masyarakat yang beruntung juga bisa mendapatkan surprise berupa hadiah. “Surprise ini berasal dari sumbangan beberapa perusahaan dan perwakilan masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan agar bisa mengiuti pengajian ini tidak ada persyaratan khusus. Ia lebih senang jika antusias masyarakat tinggi untuk berpartisipasi. Ke depan, pihaknya juga akan mengadakan beberapa perlombaan dan kegiatan sosial. “Siapa saja yang berantusias untuk meningkatkan pengetahuan Alquran, bisa bergabung dengan kami,” ajaknya.(iza)

Berita Terkait