Mahasiswa Prodi Kimia UMP Gelar FLK

Mahasiswa Prodi Kimia UMP Gelar FLK

  Senin, 7 March 2016 08:39
DIABADIKAN: Para panitia dari himpunan mahasiswa pendidikan kimia diabadikan bersama peserta FLK, guru pendamping dan dosen pendidikan kimia UM Pontianak. FOTO IST

Berita Terkait

PONTIANAK-Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak sejak 29 Februari hingga 4 Maret lalu menggelar Festival Lomba Kimia (FLK) tingkat SMA, MA dan SMK se Kalbar. Selain memperkenalkan Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia, perlombaan yang diikuti ratusan pelajaar se Kalbar itu juga dalam rangka menyemarakkan milad program studi pendidikan Kimia sekaligus milad Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia ke VIII.

“Walaupun FLK tingkat SMA, MA dan SMK se Kalbar ini baru kali pertama digelar, alhamdulillah antusias pelajar cukup baik dalam mengikuti perlombaan ini,” kata Ketua Himpunan Mahasiwa Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak, Saidah Jambak, Jumat malam (4/3). FLK sendiri terbagi dalam beberapa kategori yakni lomba cerdas cermat, lomba stand up comedy kimia, lomba praktkum kimia sederhana, lomba drama kimia dan lomba video lagu kimia.

Lomba cerdas cermat juara I, II, dan III diraih perwakilan dari SMA Kristen Immaunel, Lomba Stan Up Comedy Kimia juara I diraih MAN 2 Pontianak, juara II diraih SMAN 3 Pontianak, Juara III diraih SMAN 3 Pontianak. Lomba Praktikum Kimia sederhana juara I diraih SMAN 3 Pontianak, Juara II SMAN 3 Pontianak, Juara III diraih SMAN 3 Pontianak. Lomba Video Lagu Kimia, juara I diraih perwakilan SMAN I Pontianak, Juara II MAN 1 Pontianak dan juara III diraih MAN 2 Pontianak dan lomba drama kimia juara 1 diraih oleh MAN 1 Pontianak , juara II diraih oleh SMK Pembangunan Rasau Jaya. Selain kerja keras panitia, suksesnya penyelenggaraan salah satu kegiatan besar Prodi Pendidikan Kimia juga karena adanya dukungan dan kerjasama dari Pusat Studi Pendidikan dan Sains Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Melihat cukup baiknya antusias peserta, Ketua Prodi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak, Dini Hadiarti S.Si, M.Sc  menyatakan, kedepan FLK akan menjadi salah satu agenda rutin tahunan bagi Prodi Pendidikan Kimia di UMP dan akan diadakan seleksi lomba didaerah-daerah . “Insya Allah tahun depan kami akan berupaya maksimal lagi agar kegiatan ini bisa jauh lebih baik dan lebih meriah,” ucapnya.

Prodi Pendidikan Kimia merupakan salah satu, prodi terbaik di UMP. Hal tersebut bisa dilihat dari cukup banyaknya prestasi yang telah diraih. Selain itu, cukup banyak kegiatan diluar kampus yang menunjang peningkatan wawasan dan pengetahuan serta sumber daya manusia  mahasiwa seperti kegiatan bakti sosial termasuk pengabdian masyarakat mahasiswa pendidikan kimia.

Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan Univesitas Muhammadiyah Pontianak, Ir. Rachimi Msi, mencontohkan salah satu prestasi membanggakan yang diraih mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia yakni setiap tahunnya mampu meraih Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Dirjen Dikti paling banyak dibanding prodi lainnya yang ada di UMP. “Dari 15 proposal PKM yang diajukan mahasiswa di UMP, 8 proposal PKM itu diraih oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia dan saya harap prestasi ini kedepan bisa lebih ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi prodi lainnya agar bisa memiliki prestasi yang sama bahkan lebih baik nantinya,” kata Rachimi.

Rachimi berrharap kedepan Prodi Pendidikan Kimia UMP bisa terus meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia yang dimiliki sehingga bisa lebih banyak menghasilkan mahasiswa berprestasi sesuai dengan disiplin ilmu yang didapatkan dibangku kuliah.(ash)

Berita Terkait