Maaf Leo, Milik Madrid

Maaf Leo, Milik Madrid

  Sabtu, 6 Agustus 2016 09:03

Berita Terkait

NYON – UEFA telah merilis daftar kandidat Pemain Terbaik yang bakal diumumkan bersamaan dengan drawing fase grup Liga Champions di Monaco, 25 Agustus mendatang pada sore kemarin (5/8).Yang mungkin bisa membuat publik Catalan, terutama fans Barcelona, meradang adalah tidak adanya nama-nama seperti Luis Suarez maupun Lionel Messi. Mereka berada di peringkat keempat dan kelima.

Tiga besar dihuni oleh pemain dari Kota Madrid. Antara lain duo Real Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo, serta bintang Atletico Antoine Griezmann.Bagi Messi, ini merupakan kali kedua penyerang 29 tahun itu berada di luar top three. Sebelumnya, penyerang berjuluk La Pulga Atomica tersebut terlempar pada musim 2013-2014. Saat itu, Ronaldo menjadi nomor satu dengan duet Bayern Muenchen, Manuel Neuer dan Arjen Robben, harus puas di rangking dua dan tiga.

Kenyataan ini sebenarnya tidak terlalu mengagetkan. Mengingat performa Messi yang turun secara signifikan pada musim lalu.Turunnya produktivitas Messi, dengan hanya 26 gol di La Liga yang menjadi statistik terendahnya sejak 2010-2011, ditambah dengan rentetan cedera yang menerpa, membuat penyerang 29 tahun itu sulit menjadikannya pemain krusial di klub berjuluk El Barca tersebut.

Apalagi, Messi nyatanya gagal membawa Barcelona maupun Argentina di level internasional.Di Liga Champions, Barcelona harus menyerah kepada Atletico dengan agregat 2-3 di fase perempat final. Kemudian di Copa America Centenario, Messi harus menangis karena kembali kandas via adu penalti 2-4 kontra Cile yang membuat dirinya mengumumkan pensiun.

Kondisi ini bertolak belakang dengan kiprah ketiga pemain yang memuncaki daftar. Bale dan Ronaldo misalnya. Keduanya memiliki andil besar atas keberhasilan Real meraih La Undecima atau trofi kesebelas Liga Champions.Penampilan moncer itu berlanjut di perhelatan Euro. Jika Bale membawa Wales menapak hingga fase semifinal pada partisipasi perdana mereka, Ronaldo memimpin Seleccao das Quinas, sebutan Portugal, menggamit titel Raja Eropa pertamanya.

Sementara Griezmann tidak hanya membawa Atletico dan Prancis ke final. Namun, pemain 25 tahun tersebut juga menyabet Sepatu Emas Euro dengan torehan enam gol.Griezmann pun memprediksi Ronaldo-lah yang akan meraih gelar tersebut. Tidak hanya di level Eropa, namun juga Ballon d'Or.

”Ronaldo telah memenangkan kompetisi terbesar,” kata Griezmann seperti dilansir ESPN. ”Bagiku ini sudah jelas. Ini sudah usai.Sementara pengumuman kandidat final ini disikapi oleh kapten Barcelona Andres Iniesta dengan memberi selamat kepada mereka. Playmaker 32 tahun itu mengatakan bahwa setiap jurnalis dari 54 negara anggota UEFA pastilah memilih ketiga pemain tersebut dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

”Jika aku, mungkin aku bakal memilih yang lainnya. Namun, hal itu tidak penting lagi sekarang,” kelakar Iniesta dalam konferensi pers jelang melawan Liverpool tadi malam seperti dikutip oleh AS.Lebih lanjut, Real Madrid menjadi klub yang paling banyak menempatkan pemain. Selain Ronaldo dan Bale, nama-nama lain adalah bek tengah Pepe (nomor 7), dan gelandang Toni Kroos (9).

Sementara jika dirilis sesuai dengan negara, maka Jerman berada di posisi pertama. Sebab, selain Kroos, negeri pimpinan Angela Merkel tersebut juga menempatkan dua penggawa Bayern Muenchen. Yakni kiper Manuel Neuer (8) dan Thomas Mueller yang menjadi juru kunci. (apu)

Berita Terkait