Lundry Karpet pun Bermunculan

Lundry Karpet pun Bermunculan

  Senin, 14 December 2015 08:11
SPREI: Pedagang toko sprei mulai banyak bermunculan dengan menawarkan sprei dan bedcover dengn corak dan harga yang bervariasi. HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

KEBUTUHAN yang tinggi terhadap karpet memang menguntungkan. Sehingga orang pun mulai tertarik untuk berjualan karpet dan permadani.  Ternyata hal ini juga menguntungkan pelaku usaha lain. Seperti jasa laundry. Sekelas Kota Pontianak, jasa laundry karpet atau permadani mulai tumbuh. Namun belum terlalu ramai sehingga persaingan harganya pun tidak terlalu ketat.

Hanya saja belum ada yang spesifik khusus mengambil segmen pencucian karpet atau permadani. Segmen yang ditawarkan masih bergabung dengan yang lain. Misalnya bergabung dengan laundry pakaian, kasur atau kursi.

“Karena belum ramai jadi saya memilih segmen ini. Usaha di sektor ini perkiraan hanya sekitar lima orang saja. Laundry yang menerima order ini tetap mengoper ke saya,” jelas Sumarwanto pemilik Laundry Zona Sehari.  Anto sapaan akrabnya. Dia berani membuka usaha ini karena memiliki kelengkapan peralatan. Mesin yang khusus untuk pengering karpet. Sehingga kondisi cuaca pun tidak menjadi alasan jika barang yang diorder tidak kering.

Rentang waktu yang pengerjaan hingga selesai tergantung dari orderan yang masuk. Untuk karpet misalnya. Pencucian bisa saja satu hari. Jadi begitu diantar hari ini, maka besok sudah siap antar.  “Kami pun tidak bergantung cuaca, karena sudah memiliki mesin pengering,” tandasnya.

Kemudian ada juga Fanny. Namun usaha yang dibangunnya lebih berkonsep mendatangi langsung konsumen. Dia menawarkan jasa pembersihan interior rumah. Salah satunya karpet.  “Cukup dengan telepon maka saya bisa datang ke rumah konsumen. Konsep ini dibangun agar pengerjaannya bisa lebih cepat,” ujar dia.

Lama pengerjaannya tergantung  dari orderan yang masuk. Karena dia tidak hanya membersihkan karpet maka pengerjaanya bisa memakan waktu lebih dari 30 menit. Maklum dalam sekali order yang masuk biasanya ada beberapa barang lain yang harus dibersihkan selain karpet. (mse)
 

Berita Terkait