Luangkan Waktu

Luangkan Waktu

  Rabu, 2 March 2016 11:06
Kurniawan

Berita Terkait

KEPALA bagian hubungan masyarakat dan protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Kurniawan kerap menuangkan ide dan pemikiran ke dalam bentuk tulisan. Ide yang ditulis beragam tema. Pengalaman serta kondisi masyarakat adalah sumber topik tulisannya.

“Saya memang hobi menulis. Gagasan kalau tidak dituliskan bisa lupa,” kata Kurniawan.

Menurut dia, menulis mempunyai kepuasan tersendiri. Tulisan sampai terpublikasi misalkan. Pemikiran bisa menjadi tersampaikan. Bahkan tidak jarang mendapat respon dari yang membaca. “Kritik dan masukan membuat kita lebih termotivasi,” katanya.

Kurniawan memang kerap mengirimkan tulisannya ke media massa melalui rubrik opini di harian Pontianak Post. Kebiasaan tersebut bukan hanya saat menjabat kabag humas. Namun, selagi mahasiswa strata satu sudah intens menulis opini.

Hanya saja, lanjut Kurniawan, kini sudah tidak bisa secara rutin membuat tulisan untuk opini. Penyebabnya, karena terbentur rutinitas di kantor. Kendati demikian meluangkan waktu tetap diupayakan supaya bisa menulis.

Sementara dalam menemukan ide buat menulis, Kurniawan tidak mempunyai persiapan khusus. Kecuali sebatas mengikuti perkembangan isu di tengah masyarakat. “Semangat menulis sebenarnya yang membuat ide muncul,” katanya.

Kemudian ditambah kini tugas kerap berhubungan dengan para jurnalis, Kurniawan juga biasa membuat tulisan untuk merilis informasi pembangunan. Secara tak langsung, hobi menulisnya terjaga.

Menurut dia, inspirasi tulisan juga tak jarang didapat dari membaca. Baik buku maupun surat kabar. Karena itu, lanjutnya, sebisa mungkin tetap meluangkan waktu untuk membaca.

“Membaca diupayakan setiap hari. Misal ingin melihat perkembangan daerah yang disajikan dalam berita media massa. Membaca dan menulis saling terkait. Tidak bisa dilepaskan,” katanya.(stm)

 

Berita Terkait