LPTQ Target IV Besar Kalbar

LPTQ Target IV Besar Kalbar

  Sabtu, 14 May 2016 14:22
JUMPA PERS: Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas Hulu Hasan M dan Manajer Tim LPTQ Kapuas Hulu Sarbani, menyampaikan sejumlah keterangan menjelang keberangkatan kafilah kabupaten ini menuju MTQ XXVI Provinsi Kalbar di Kubu Raya. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kapuas Hulu, dalam rangka mengikuti even Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXVI Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2016 di Kabupaten Kubu Raya, 23 – 29 Mei mendatang. LPTQ Kapuas Hulu optimistis pada perhelatan tahun ini, bisa masuk minimal empat besar.

Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas Hulu Hasan M optimis kotingen Kapuas Hulu mampu bersaing dalam berbagai jenis cabang perlombaan. Rasa optimistis Hasan ini sangat beralasan, karena pada perhelatan serupa di Bengkayang tahun lalu, mereka berhasil masuk peringkat VI besar.

“Kami bertekad di Kubu Raya, kami paling tidak masuk IV besar,” terang Hasan. Dia yakin setelah melihat kemampuan para qari-qariah yang sudah dilatih melalui TC (training center) dalam tiga tahap, dan sekarang sudah memasuki tahap finishing. Bahkan kata mantan Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Kapuas Hulu ini, hampir semua cabang yang diperlombakan mereka ikuti. “Tentulah dengan persiapan yang matang,” kata dia.

Dia menegaskan bahwa kafilah yang diboyong mereka kelak bertekad menyukseskan MTQ di Kalbar. Ditegaskan dia kembali bahwa kafilah datang tidak untuk dilayani, tetapi menyukseskan kegiatan. “Alhamdulilah semua cabang, baik kategori dewasa sampai anak, hampir semua kami ikuti dari 30 cabang perlombaan. Yang tak kami ikuti cabang tunanetra 37 juz putra-putri, ditambah 20 juz putra,” kata Hasan saat di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Bahkan, menurut Hasan, cabang lain termasuk pameran pembangunan untuk memerihakan even tahunan tersebut, juga dikuti oleh Kabupaten Kapuas Hulu. Dia mengatakan, pada 18 Mei ini, 50 kontingen Kapuas Hulu berikut pelatih sudah bertolak menuju Kota Pontianak. “Keberangkatan tim dari Kapuas Hulu menuju Kubu Raya secara serentak, dilepas pejabat di lingkungan Kapuas Hulu,” tutur dia.

Sementara alasan mereka datang lebih awal, demi untuk menjaga fisik qari-qariah, agar tetap prima. Setelah tiba di Pontianak, Hasan memastikan seluruh kontingen dari kabupaten/kota peserta MTQ diinapkan di hotel. Hanya saja, dia menambahkan, kontingen Kapuas Hulu lebih memilih tinggal di kediaman Bupati Kapuas Hulu AM Nasir di Pontianak, serta Mes Perwakilan Kantor Penghubung Kabupaten Kapuas Hulu di ibukota provinsi ini.

Dia menjelaskan, sepanjang 10 – 11 Mei lalu telah dilakukan ekspose oleh Bupati Kubu Raya tentang kesiapan mereka. Semua kafilah, menurut dia, diinapkan di hotel, di mana kontingen Uncak Kapuas seharusnya menginap di Orchadz Hotel Pontianak. “Dengan berbagai pertimbangan teknis, kami tidak menggunakan hotel tersebut, sehingga dikembali ke penyelenggara kegiatan,” papar Hasan.

Upaya menolak diinapkan di hotel tersebut pun, dimaksudkan dia, untuk meringankan beban tuan rumah penyelenggara. Selain itu, dia menambahkan, sebagai supaya qari-qariah Kapuas Hulu agar bisa lebih leluasa mengulangi latihan yang sudah diberikan.

Atas nama Pemda Kapuas Hulu, Hasan yang juga Asisten II Setda Kapuas Hulu tersebut mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara MTQ Kabupaten Kubu Raya, yang telah menyediakan penginapan. “Kami rasa di rumah Bupati Kapuas Hulu kontingen akan lebih leluasa, terutama dalam melakukan latihan-latihan,” ungkap Hasan yakin.

Pada kesempatan yang sama, manajer Tim LPTQ Kapuas Hulu Sarbani menegaskan mengenai persiapan qari-qariah LPTQ Kapuas Hulu yang sudah sedemikian matang. Mereka, dipastikan dia, telah benar-benar siap berlaga di even akbar tersebut. “TC sudah tahap akhir yang dimulai dari Desember 2015 lalu. Sampai hari ini tidak ada kendala, sehingga kami optimis bisa meraih peringkat terbaik nanti,” ucap Sarbani yang memimpin seluruh kafilah Kapuas Hulu. (aan)

Berita Terkait