Lombok Tuan Rumah Marathon Sepeda GFNY 2016

Lombok Tuan Rumah Marathon Sepeda GFNY 2016

  Selasa, 14 June 2016 13:40

Berita Terkait

Lombok akan menjadi tuan rumah marathon sepeda internasional Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia, 2 Oktober 2016.

Ini kali pertama Gran Fondo New York (GFNY) digelar di Indonesia. Untuk musim 2016/2017, tuan rumah event serupa adalah Prancis, Mexico, Jerman, Italia, Argentina, Uruguay, dan Kolombia. Puncak kejuaraan akan digelar di New York, AS, 21 Mei 2017.

Axel Moeller, promotor dan penyelenggara GFNY d Indonesia, mengatakan hanya butuh dua bulan untuk meyakinkan manajemen GFNY bahwa Lombok adalah tempat luar biasa untuk event ini.

"Lombok memang panas, tapi lintasannya memenuhi syarat," kata Moeller. "Tepi pantai sampai pegunungan penuh tanjakan. Ada hijau persawahan yang khas, yang akan membuat seluruh pebalap terkesan."

Menurut Moeller, ada alasan khusus bagi GFNY menjatuhkan pilihan ke Indonesia, yaitu sukses Tour de Bintan dan tour Barelang. Di dua even ini, peminat Grand Fondo mencapai ratusan.

"Saat mengajukan nama Lombok, saya sangat percaya diri. Lombok pasti bisa menggelar salah satu event Gran Fondo yang terkenal di dunia," kata Moeller.

Menurut Moeller, menjelajah Lombok dengan sepeda akan menjadi cara baru menikmati keindahan alam Indonesia. Ia juga mengatakan Lombok kian dikenal sebagai satu dari sepuluh destinasi terbaik di Indonesia.

Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia peserta akan menjelajah kawasan utara Senggigi, Mataram, Monumen Seribu Masjid, Sekotong Bawah, Pelabuhan Lembar, Sekotong Tengah, wilayah perbukitan Nambung, dan Batu Jangkih.

Peserta juga akan diajak menerabas Lombok tengah, Pusuk Pass, dengan Gunung Rinjani di kejauhan, Nipah, Malimbu, hingga finish di Santosa Resort.

"Kami telah melakukan test route. Lombok indah sekali," demikian Moeller. "Dibantu Kementerian Pariwisata dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, kami mengambil seluruh gambar yang akan dijadikan materi promosi di CNN dan FoxSport."

Berita Terkait