LOMBA P2WKSS Pemkab Unggulkan Sei Besar

LOMBA P2WKSS Pemkab Unggulkan Sei Besar

  Jumat, 7 Oktober 2016 08:44

Berita Terkait

PEMERINTAH Kabupaten  Ketapang pada 2016 ini menggunggulkan Desa Sei Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan untuk mengikuti  lomba P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera). Diunggulkannya Desa Sei Besar ini dikarenakan partisipasi  dan pemberdayaan masyarakatnya sangat tinggi. Khususnya peranan wanita dalam mengelola home industri, bercocok tanam, kegiatan Posyandu dan PKK nya. Sehingga memperkuat terwujudnya keluarga sehat sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ketapang yang diwakili Sekda Drs HM Mansyur MSi saat dinilainya Desa Sei Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan P2WKSS oleh Tim penilai dari Provinsi Kalbar, Rabu (5/10).

Dikatakan Mansyur, melalui Program P2WKSS ini diharapkan tidak sekadar program tahunan dan seremonial saja. Melainkan harus berkesinambungan dan benar benar dapat dirasakan masyarakat pedesaan. Utamanya kaum wanita dan keluarga. Sehingga masyarakat pun ikut mendukung dan berperan aktif dalam pembanguna

     Mansyur  mengatakan ketidakmampuan desa dalam program P2WKSS tentunya dapat jadi bahan evaluasi untuk kemajuan desa di tahun tahun yang akan datang.

“Program ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Mulai darti jenjang di tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten hingga ke tingkat Pemerintah provinsi,  sehingga tujuan program P2WKSS yang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta sikap perilaku positif wanita dapat tercapai sebagaimana diharapkan,” ujarnya.

    Sementara itu menurut Mustaruddin SH, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalbar, menang atau kalah dalam perlombaan P2WKSS ini bukanlah tujuan utama. Yang terpenting proses pembelajaran dan merupakan komitmen semua pihak untuk menyukseskannya. Juga menjadi motivasi partisipasi wanita dalam pembangunan kini dan akan datang.

    Lomba Penilaian P2WKSS di Desa Sei Besar hari itu dihadiri Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang beserta segenap pengurusnya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Ketapang, Camat Matan Hilir Selatan dan pihak Muspika serta sejumlah undangan lainnya.

    Penilaian satu hari tersebut langsung ke Pelayanan Posyandu, Lomba 10 Program Pokok PKK,dan penilaian Tanaman Toga. Serta meninjau pameran PKK Desa Sei Besar Kecamatan MHS. (pk)

 

Berita Terkait