Lomba dan Hiburan Rakyat

Lomba dan Hiburan Rakyat

  Sabtu, 20 Agustus 2016 09:51
SERAHKAN PIALA: Anggota DPRD Kota Singkawang Tjhai Chui Mie pada saat menyerahkan piala dan piagam lomba RT tauladan di Kecamatan Singkawang Barat.

Berita Terkait

SINGKAWANG—Momen peringatan hari bersejarah, 17 Agsutus 1945, sejumlah masyarakat banyak menyelenggarakan perlombaan dan hiburan kerakyatan dalam menyemarakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-71 se-Kecamatan Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Berbagai perlombaan dan hiburan kerakyatan dilaksanakan mulai dari tingkat rukun tetangga, kelurahan dan kecamatan se-Kota Singkawang. Adapun jenis perlomban yang dilaksanakan antara lain panjat pinang, tangkap bebek, karakoke, wayang kulit dan kuda kepang di tingkat kecamatan.

“Lomba prestasi RT tauladan dan lomba prestasi di tingkat kelurahan juga sudah kami laksanakan. Semua itu kita lakukan berdasarkan keinginan masyarakat Singkawang Barat,” ucap Kepala Camat Singkawang Barat Awang Martin, Jumat (19/8) kepada media ini.

Dia mengatakan dalam kegiatan perlombaan dan hiburan kerakyatan sudah dilakukan selama dua tahun. Yakni setiap momen 17 Agustus hiburan rakyat selalu dilaksanakan guna menjalin kebersamaan dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat.

Ia menyampaikan selama kegiatan 17 Agustus 1945, peringatan hari kemerdekaan disambut meriah oleh masyarakat. Begitu juga dengan upacara bendera sangsaka merah putih HUT Kemerdekaan RI juga dilaksanakan di tingkat kecamatan se-Kota Singkawang.

“Kami sangat senang dengan adanya pesta rakyat pada peringatan hari kemerdekaan RI. Bendera merah putih terpasang di setiap rumah warga. Bahkan masyarakat juga dengan sukarela memberikan bantuan untuk menyukseskan kegiatan 17 Agustus 1945 di Kecamatan Singkawang Barat,” ungkapnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Wilayah Dapil Singkawang Barat Tjhai Chui Mie juga ikut serta berpartisipasi menyemarakan hari Kemerdekaan RI Ke-71 di Kota Singkawang. Bahkan anggota Fraksi PDIP Kota Singkawang ini terjun langsung di tengah kehidupan masyarakat.

“Saya sangat senang adanya kegiatan kerakyatan ditengah kehidupan masyarakat. Selama kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat itu positif. Saya akan dukung masyarakat. Apalagi momen HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 merupakan sejarah bagi bangsa dan negara Indonesia,” tuturnya.

Dia menyatakan Bung Karno adalah salah satu tokoh sejarah kemerdekaan dan berdirinya negara kesatuan republik Indonesia. Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, rakyat wajib meneruskan perjuangannya demi menjaga keutuhan dan kemanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia menungkapkan dengan ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Bung Karno berada digaris terdepan membela rakyat Indonesia. Serta Bhinneka Tunggal Ika adalah moto ataupun semboyan pejuang kemerdekaan untuk mempersatukan rakyat Indonesia.

“Kembali kepada perlombaan dan hiburan rakyat. Ini merupakan bagian dari ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat jasa dan pengorbanan para pahlawan, kita patut berbangga sebagai generasi bangsa Indonesia dapat bersatu dan berkumpul menjalin kebersamaan dan persatuan untuk membangun masyarakat Kota Singkawang dan menjaga keutuhan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Alumni SMK Pertiwi Kota Singkawang angkatan tahun 1992 memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-71 di Kecamatan Singkawang Barat. (irn)

Berita Terkait