Lomba Blog Dalam Rangka Hari Difabel Sedunia 2015

Lomba Blog Dalam Rangka Hari Difabel Sedunia 2015

  Sabtu, 5 December 2015 08:23
Salah satu kegiatan lomba Blog yang pernah diselenggarakan oleh PemkabKub Raya tahun 2012 yang lalu. Ini hanya ilustrasi atau gambaran saja. Foto dokumentasi Asep Haryono - www.simplyasep.com

Dalam rangka turut menyemarakkan International Day of Persons with Disabilities atau Hari Difabel Sedunia 2015, serta menggairahkan blogging,  Rumah Blogger Indonesia menyelenggarakan lomba blogging dengan tema difabilitas/disabilitas Dari lomba ini, diharapkan muncul banyak cerita, pengalaman dan kisah-kisah inspiratif dari seluruh penjuru Indonesia, sehingga bermanfaat untuk saling belajar. Lomba blogging ini juga ditujukan untuk memunculkan beragam cerita terkait difabilitas, sehingga turut membuka wawasan dan pengetahuan baru bagi semua orang.

Diharapkan, lomba ini bisa turut menumbuhkan kesadaran tentang kesetaraan hak bagi sebagian masyarakat berkebutuhan khusus atau memiliki kendala fisik dan/atau mental, atau dikenal sebagi difabel atau penyandang disabilitas.Kami meyakini, semua orang berpotensi menjadi difabel/disabel karena beragam sebab, seperti kelalaian berkendara di jalan (raya) yang berakibat kecelakaan, kecelakaan kerja, bencana alam, dan oleh sebab-sebab lain yang tak terduga.

Dengan demikian, memikirkan kesetaraan dalam akses terhadap pendidikan, transportasi umum, ruang publik seperti pasar, mal, hotel dan sebagainya bagi kelompok difabel/disabel, sejatinya juga memikirkan kebutuhan diri sendiri atau keluarga kita juga. Beberapa pertanyaan umum yang bisa dijadikan panduan, antara lain: Seberapa inklusif sistem pendidikan kita bagi difabel?  Seperti apakah kebijakan pemerintah (daerah) menyediakan fasilitas umum (seperti kantor, ruang publik, halte, rumah sakit, dll) yang menyediakan kemudahan akses bagi difabel/orang berkebutuhan khusus? Seberapa besar peran/kepedulian pemerintah/pengusaha/swasta/masyarakat terhadap difabel dalam menyediakan ruang berekspresi, kesempatan kerja dan sebagainya?

Ketentuan Lomba nya antara lain Terbuka untuk umum, warga negara Indonesia , Tulisan dibuat pada 2015, dan belum pernah diikutkan dalam lomba blog manapun ,Panjang tulisan minimal 300 kata , Penggunaan ilustrasi (perpaduan) gambar, foto dan/atau video akan menambah bobot penilaian , Tulisan bisa dalam bentuk wawancara, reportase, kesaksian, kisah, dan bukan fiksi , Penayangan ulang postingan lama (reposting) diperkenankan sepanjang ada revisi/pembaruan/aktualisasi konten , Gaya penulisan bebas. Ketertiban penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar akan menambah bobot penilaian dan lain sebagainya.

Menurut Alik R Rosyad, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPID) Kalimantan Barat Periode Lombanya adalah 3 Desember 2015 - 15 Januari 2016 dan para pemenang akan diumumkan pada tanggal 22 Januari 2016. Hadiah Hadiah bagi Pemenang Pertama: Sony Experia Z3 Compact , Pemenang Kedua: Asus Zenfone 2 ,dan Pemenang Ketiga: Lenovo Vibe X2 Dua Pemenang Harapan: Samsung Galaxy J1.  Informasi lengkap bisa di lihat di sini.  (Rahasia)