Lokasi Eks PETI

Lokasi Eks PETI

  Jumat, 1 April 2016 09:29
F Marinus

Berita Terkait

LOKASI eks Penambangan Emas Tanpa Ijin atau PETI yang berada di Kecamatan Sekayam rencananya akan dilakukan reklamasi. Sumber dananya berasal dari DAK. Reklamasi ini dimaksudkan agar lokasi tersebut dapat dimanfaatkan kembali.

Kepala BLHKPK Sanggau, F. Marinus menyampaikan bahwa lokasi eks PETI yang dimaksud tersebut berada didaerah Melinggang. Dulunya, lokasi tersebut memang digunakan untuk penambangan emas tanpa ijin oleh kelompok masyarakat.

“Lokasi itu nanti akan direklamasi dengan anggaran DAK. Saya kira masih sangat bisa untuk dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat disana,” ujarnya kepada Pontianak Post, Kamis (31/3).

Menurut Marinus, pihaknya saat ini sedang melakukan proses pendataan mengenai kerusakan dilokasi tersebut. Setelah terkumpul data-datanya kemudian akan dilaporkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Kami masih data lokasinya. Kerusakannya berapa luas, seberapa parah dan hal lainnya. Setelah itu kami laporkan,” katanya.

Reklamasi lokasi tersebut rencananya dapat dijadikan untuk hutan baru atau dapat juga dijadikan sebagai tempat yang punya manfaat lagi bagi masyarakat disekitar lokasi tersebut.

“Harapan kami kalau ini terlaksana tentunya bisa dimanfaatkan kembali. Utamanya supaya lingkungan yang rusak bisa diperbaiki kembali meski butuh waktu yang tidak sebentar,” harapnya.

Lokasi eks PETI di melinggang ini merupakan satu dari beberapa lokasi lainnya yang akan coba difungsikan kembali untuk kepentingan masyarakat. Meski butuh waktu lama untuk mengembalikan fungsi lokasi eks PETI. (sgg)

Berita Terkait