Liung Sin Buka Mata, Diramaikan Perjalanan ke Barat

Liung Sin Buka Mata, Diramaikan Perjalanan ke Barat

  Jumat, 5 February 2016 08:39
BUKA MATA : Kemeriahan prosesi naga buka mata di Yayasan Tri Dharma Bhakti Sungai Pinyuh.WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SUI PINYUH-Kemeriahan perayaan Imlek 2567 di Sungai Pinyuh bakal berlangsung meriah. Hal tersebut terlihat dari prosesi buka mata naga Liung Sin di Kelenteng Tri Dharma Bhakti Sungai Pinyuh, Kamis (4/2) pagi.

Acara yang dihadiri Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana, serta Kadishubbudpar  Soeharjo Lie tersebut tak hanya menampilkan sisi ritual buka mata naga saja, namun juga diramaikan dengan penampilan tokoh utama dalam cerita Journey to The West atau perjalanan ke barat, yang menggambarkan kisah Sun Gu Kong. Selain itu, terdapat pula penampilan dengan kostum dewa.

Tampilan berbeda tersebut tentunya menarik perhatian masyarakat. Mereka berbondong-bondong mendatangi kelenteng Tri Dharma Bhakti untuk melihat langsung. Bahkan tidak sedikit diantaranya mengabadikan moment tersebut dengan berfoto bersama tokoh-tokoh yang tampil.“Jadi dalam kegiatan buka mata naga Liung Sin kali ini, tidak hanya ritualnya saja, namun kita juga menampilkan tokoh dalam cerita perjalanan ke barat, yaitu Sun Gu Kong, Tong Sam Cong, Cu Patkay, Sha Wujing, serta beberapa dewa diantaranya Cikung,” kata Ketua Yayasan Tri Dharma Bhakti, Cong Kong Hin.

Pria yang akrab disapa Ahin ini mengatakan, naga yang ikut andil dalam prosesi buka mata ini berjumlah tiga, dimana satu diantaranya merupakan naga yang sudah tiga tahun dimainkan dalam setiap perayaan Imlek. Sedangkan dua lainnya merupakan naga yang baru dibeli dari RRC. Namun dari dua naga tersebut, hanya satu yang ikut serta.“Karena pemainnya berhalangan hadir, makanya naga yang baru kita beli dari RRC kita tampilkan satu saja. Namun itu tidak menghalangi kemeriahan dan makna ritual buka mata ini,” ujar dia.

Tak hanya dua naga yang baru, lanjut dia, kostum yang digunakan peserta juga turut dibeli dari RRC. Sedangkan pemainnya sendiri adalah pengurus yayasan Tri Dharma Bhakti Sungai Pinyuh. Bahkan Ahin sendiri turut berpartisipasi memainkan naga.“Pemainnya pengurus Yayasan, bahkan kami menggunakan kostum baru yang dibeli satu paket dengan naga dari RRC. Kita lakukan ini agar perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Sungai Pinyuh tambah meriah,” harap dia.

Wakil Bupati, Gusti Ramlana, menyambut baik dengan kemeriahan acara buka mata Naga Liung Sin ini. Sebab menurut dia, event budaya merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki masyarakat Indonesia, terutama Kalimantan Barat. Sehingga bisa menampilkan kegiatan kebudayaan yang meriah dan menjadi kebanggaan.“Kita bersyukur negeri ini sangat kaya akan hazanah budaya. Mari kita manfaatkan momen ini, sebagai ajang silaturahmi dan mempertahankan kebudayaan yang sudah ada sejak dulu kala. Semoga kegiatan Imlek tahun ini semakin meriah dari tahun sebelumnya,” pungkas Wakil Bupati. (wah) 

Berita Terkait