Listrik Padam, UNBK Terkendala

Listrik Padam, UNBK Terkendala

  Kamis, 7 April 2016 09:47
TERGANTUNG LISTRIK: Peserta UNBK tergantung suplai listrik untuk tetap bisa online mengerjakan soal. AFI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SINGKAWANG—Biarpet listrik dialami sekolah yang menggelar Unas Berbasis Komputer (UNBK) kemarin. Diantaranya SMKN 1 Singkawang dan SMKN 2 Singkawang. Pada hari kedua ujian di SMKN 1 Singkawang mengalami pemadaman listrik. Padahal, baru saja hendak dimulai sesi dua. Sedangkan saat UNBK kemarin, Rabu (6/4) atau hari ketiga biarpet juga dialami peserta Unas di SMKN 2 Singkawang selama 15 menit, saat peserta ujian mengikuti sesi ketiga.

Kondisi di SMKN 1 Singkawang berbeda dengan SMKN 2 Singkawang yang terpaksa harus mengistirahatkan peserta ujian akibat tidak memiliki genset.

“Sewaktu kejadian padamaman langsung genset dihidupkan, meski kita mengantisipasinya dengan genset namun tetap saja pemadaman ini mengganggu proses berlangsungnya UNBK,” ungkap Kepala SMKN 1 Singkawang Najimi.

Dari jumlah peserta 306 siswanya yang mengikuti pelaksanaan ujian.

“Hari ketiga ini Alhamdulillah tidak ada gangguan, kita berharap jika pelaksanaan UNBK lagi di tahun yang akan datang, seluruh fasilitas pendukung seperti ketersediaan daya listrik dari PLN tidak mengalami gangguan seperti ini ," pungkasnya.

Sementara Kepala SMKN 2, Mizan menuturkan pemadaman terjadi ketika pelajarnya sedang menjalani ujian pada sesi terakhir atau sesi tiga dengan mata ujian pelajaran bahasa Inggris.

“Pemadaman terjadi dari jam 15.15 hingga 15.30 WIB,” katanya. Dengan kejadian ini siswa sempat diistirahatkan karena sekolahnya tidak punya genset. Sebenarnya kata Mizan, mayoritas peserta didiknya  sudah selesai namun karena batas waktu pelaksanaan ujian yang masih cukup lama, mayoritas mereka lebih memilih untuk mengecek kembali jawabannya.(har)

Berita Terkait